Ziarah ke Makam Sunan Bayat di Klaten, Ita Minta Generasi Bangsa Selalu Ingat Sejarah

Agenda ziarah ini merupakan agenda yang pertama dalam rangkaian memperingati hari jadi ke-476 Kota Semarang. 

Senin, 06 Maret 2023 | 07:46 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Klaten – Jelang peringatan ulang tahun ke-476 Kota Semarang, WaliKota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu beserta jajaran Pemerintah Kota Semarang melaksanakan ziarah ke makam Sunan Pandanaran II di Bayat, Klaten, Minggu (5/3/2023). 

Tak hanya sebatas rutinitas, walikota yang akrab disapa Ita menegaskan jika ziarah tersebut dilakukan sebagai upaya agar generasi penerus bisa mencontoh semangat perjuangan Ki Ageng Sunan Pandanaran II atau  Sunan Tembayat.

BERITA TERKAIT:
UNICEF Nilai Sub PIN Polio Putaran Kedua di Jawa tengah Berjalan Lancar
Seorang Teknisi Wifi Tewas Tersetrum Listrik di Semarang
Walikota Semarang Minta Puskesmas Pantau Kesehatan Petugas Rekapitulasi di Kecamatan
Doa Warga Saat Ganjar Nyoblos di Semarang: Semoga Menang ya Pak!
Bubur Merah Putih dan Harapan Ganjar Pada Pemilu 2024

“Dengan berziarah kita mengingat sejarah, kita bisa mengingat bagaimana perjuangan para pendiri Kota Semarang untuk menjadikan Kota Semarang seperti sekarang. Dan tentu kami berharap, kami semua termasuk teman-teman yang nantinya menjadi penerus di Pemerintah Kota Semarang bisa melihat ketokohan dan semangat beliau untuk bagaimana menjadikan Kota Semarang seperti sekarang ini. Dan tentunya para penerus bisa mencontoh beliau untuk membuat Kota Semarang semakin hebat,” kata Ita.

Agenda ziarah ini merupakan agenda yang pertama dalam rangkaian memperingati hari jadi ke-476 Kota Semarang

“Tentu ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati hari jadi ke-476 Kota Semarang, dan yang pertama kami ke sini. Nanti selanjutnya ke makam Ki Ageng Sunan Pandanaran I di Mugas, Kota Semarang, dan juga Mbah Soleh Darat yang merupakan guru dari KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan. Serta nanti juga ke Walikota pertama Kota Semarang di Jakarta, almarhum bapak Moch Ihsan,” bebernya.

Tidak lupa, dirinya juga menyampaikan harapan beserta rasa syukurnya karena sudah bisa kembali berziarah dengan jajaran pemerintah Kota Semarang yang komplit. 

“Ini adalah harapan agar ke depannya Kota Semarang semakin hebat. Kota Semarang sebagai contoh Kota Metropolitan yang luar biasa. Dan tentu sekarang sudah mulai bangkit dari Covid-19. Karena mungkin kita tahu, 3 tahun lalu Kota Semarang dan Kabupaten Klaten juga terdampak Covid-19. Dan baru tahun kemarin, kami bisa berziarah tapi terbatas. Tetapi hari ini, kita bisa bersama-sama dengan rombongan penuh,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kabupaten Klaten Sri Nugroho menyampaikan terima kasih karena Pemerintah Kota Semarang sudah berkenan berziarah ke makam Sunan Bayat yang sudah menjadi tokoh penghubung antara Kabupaten Klaten dengan Kota Semarang.

***

tags: #kota semarang #ziarah #covid-19 #hevearita gunaryanti rahayu

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI