FIFA Berkomitmen Kembangkan Sepak Bola Wanita di Indonesia

Simon akan melihat langsung mengenai sepak bola wanita saat kunjungan ke lapangan latihan sepak bola Kingkong di Cijantung.

Selasa, 14 Maret 2023 | 22:55 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Saat ini sepak bola wanita di Indonesia terus berkembang, untuk itu FIFA akan membantu semua kebutuhan PSSI dalam pengembangannya. Hal itu disampaikan oleh salah satu perwakilan dari FIFA Simon Toselli (FIFA Women’s Football Expert) yang mengunjungi PSSI, Senin (13/3/2023).

Perwakilan PSSI yang membidangi sepak bola wanita, Papat Yunisal menyambut baik kedatangan Simon tersebut. "Saya menyambut baik kedatangan Simon berkunjung ke PSSI, sebab sepak bola wanita memang butuh perhatian khusus, karena dalam proses pengembangan," kata Papat Yunisal, dalam keterangan resminya, Selasa (14/3). 

BERITA TERKAIT:
STY Belum Tanda Tangan Kontrak Baru dengan PSSI, Ini Alasannya  
PSSI Gelar Kongres Biasa 2024
Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Pemain PSIS Ado Satryo Diundang Timnas
Garuda Muda Kalah, Ketum PSSI: Saya Puas dengan Timnas U-23
Erick Thohir: Musim Depan Jadi Liga Seluruh Indonesia

"FIFA juga memang sudah lama ingin para membernya untuk memperhatikan sepak bola wanita yang sedang digalakkan diseluruh dunia yang menjadi negara anggota FIFA," sambungnya.

Papat mengucapkan terima kasih banyak kepada FIFA karena sudah sangat banyak terbantu dengan info-info yang diberikan dalam pertemuan kali ini. 

"Bukan hanya itu, mereka juga nantinya akan siap selalu membantu kami apapun yang kami butuhkan, untuk mengembangkan sepak bola wanita di Indonesia. Kami juga tadi memaparkan apa saja program-program yang sudah, sedang dan akan berjalan," tuturnya.

Dari pertemuan itu, Simon juga mengucapkan terima kasih karena sudah disambut dengan hangat dan menjelaskan mengenai delapan program penting yang FIFA bawa untuk membantu negara anggotanya dalam mengembangkan sepak bola wanita

Delapan program itu adalah membantu meningkatkan sepak bola wanita, pengembangan kompetisi, kampanye sepak bola wanita, club lisensing sepak bola wanita, peningkatan kapasitas administrasi untuk sepak bola wanita, kursus pelatih sepak bola wanita, coach mentorship, dan leadership.

"Dari delapan program itu kami menawarkan semua bantuan yang dibutuhkan oleh federasi negara anggota FIFA untuk membangun mengembangkan sepak bola wanita di negaranya, termasuk Indonesia. Bantuan itu tidak hanya dalam bentuk materiil (dana dan perlengkapan sepak bola) tapi juga non materiil, seperti tenaga pendidik (seperti pelatih sepak bola wanita yang berpengalaman dan semua ahli-ahli dalam bidangnya) dan lain sebagainya. Apapun itu, ajukan saja ke kami, jika sesuai, tentu kami akan bantu sepenuhnya," jelas Simon.

Tak hanya itu, tadi juga Simon sudah mendapatkan gambaran sejauh mana perkembangan sepak bola wanita di Indonesia. "Saya pikir fantastis, Indonesia dari dahulu sudah memikirkan mengenai ini (sepak bola wanita). Dengan adanya program-program yang sudah berjalan dengan baik, seperti liga, turnamen, festival, pelatih, wasit dan pengembangan atlit sepak bola mulai dari akar rumput, saya rasa mudah saja bagi FIFA untuk membantu Indonesia mengembangkannya. Karena disitu ada potensi yang besar," tuturnya.

Selanjutnya, Simon akan melihat langsung mengenai sepak bola wanita saat kunjungan ke lapangan latihan sepak bola Kingkong di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu tanggal 15 Maret 2023, dimana tim sepak bola wanita Pra PON DKI Jakarta akan berlatih.

"Ya, saya sudah tidak sabar untuk melihat secara langsung bagaimana sepak bola wanita berjalan di Indonesia, salah satunya dua hari kedepan akan mengunjungi tempat latihan dari salah satu tim sepak bola wanita. Ini akan menjadi momen yang bagus bagi saya dan juga laporan saya ke FIFA nantinya," tutupnya.

***

tags: #pssi #indonesia #sepak bola #wanita #fifa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI