Modus Baru Maling! Pria Tertangkap Kamera CCTV Ganti QRIS Kotak Amal Masjid Pakai Rekening Pribadi

Ia memakai kemeja lengan panjang, celana denim, dan berkacamata.

Senin, 10 April 2023 | 12:46 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi seorang pria yang mengganti barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Dalam cuplikan video CCTV tersebut, kejadian ini terjadi pada Kamis (6/4/2023) sekitar pukul 10 pagi.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @redasamudera.id, pria tersebut tampak berperawakan tinggi gempal dengan rambut cepak. Ia memakai kemeja lengan panjang, celana denim, dan berkacamata.

BERITA TERKAIT:
Launching QRIS Obyek Wisata, Walikota Semarang: Cegah Kebocoran dan Kurangi Pekerja
Walikota Semarang Dorong Pembayaran Digital QRIS di Kalangan Pedagang
Penting! Gubernur BI Beri Tahu Cara Baca QRIS: Kris bukan Kyuris 
Polisi Tangkap Pria Penempel Barcode QRIS di Kotak Amal Masjid
Meski Belum Ada Laporan, Polisi Tetap Selidiki Kasus Pria Ganti QRIS Kotak Amal Masjid di Jaksel

Sambil memantau keadaan sekitar, pria tersebut segera menempelkan barcode QRIS yang sudah disiapkannya ke kotak amal yang berjejer di serambi masjid.

"Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7" tulis keterangan video dalam unggahan itu.

Di slide selanjutnya, diperlihatkan pula QRIS palsu yang dibawa pria tersebut, yakni bertuliskan “RESTORASI MASJID”. Sementara QRIS asli milik masjid bertuliskan “Masjid Nurul Iman BLOK M SQUARE”.

Melalui Instagram Story, akun tersebut juga menyampaikan bahwa aksi serupa diduga juga dilakukan pria tersebut di Masjid Nurullah Kalibata City. Hal itu diketahui setelah DKM melakukan pengecekan CCTV pada hari yang sama. 

"Pelaku pindah ke Masjid Nurullah Kalibata City. Nempelin juga QRIS," demikian keterangan tersebut.

Sementara itu, pihak Masjid Nurul Iman Blok M Square melalui Instagram Story-nya mengimbau kepada para jamaah untuk menyalurkan infaq melalui kotak-kotak yang tersedia di area masjid. Disebutkan bahwa Masjid tersebut tak menggunakan barcode QRIS untuk infaq kegiatan masjid.

"Masjid Nurul Iman BLOK M SQUARE tidak menggunakan barcode QRIS untuk infaq kegiatan masjid. Bagi para jamaah yang ingin menyalurkan infaq untuk dakwah sunnah atau kegiatan masjid bisa melalui kotak-kotak infaq yang tersedia di area masjid atau nomor rekening yang sudah kami share," tulis akun resmi Masjid Nurul Iman.

Atas kejadian penipuan modus baru ini, pihak masjid maupun masyarakat lebih berhati-hati agar kejadian serupa tak terulang kembali.
 

***

tags: #qris #jakarta selatan #masjid nurul iman #viral di media sosial #penipuan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI