Berkah Ramadan! Buruh Rokok di Kudus Terima BLT DBHCHT, Bupati: Bisa Buat Lebaran 

Dana tersebut disalurkan pada 3.315 penerima. Sedangkan anggaran dari provinsi sebesar 46,5 miliar yang akan disalurkan pada 38.793 penerima.

Jumat, 14 April 2023 | 11:06 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - buruh rokok Kabupaten Kudus di bulan Ramadan ini menerima pencairan BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023. Bupati Hartopo berharap pemberian bantuan dari DBHCHT tersebut bisa bermanfaat dan menyukupi kebutuhan terlebih menjelang momen Lebaran.

Bupati Hartopo menjelaskan BLT ini merupakan pencairan DBHCHT 2023 tahap I untuk periode Maret-April. BLT nantinya akan diserahkan per dua bulan sekali di periode berikutnya. 

BERITA TERKAIT:
23 Ruas Jalan di Kudus akan Diperbaiki dengan Anggaran DBHCHT, Totalnya Rp40  Miliar 
Hore! Petani Tembakau di Blora Terima BLT BLT DBHCHT, per Orang Rp1,2 Juta  
Linmas Kabupaten Kudus Diminta Turut Aktif Edukasi Masyarakat Soal DBHCHT
Sosialisasikan Undang-undang Cukai, Pj Bupati Kudus Ajak Relawan Awasi Peredaran Rokok Ilegal 
Pemkot Semarang Ajak Semua Pihak Berantas Rokok Ilegal 

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi. Apalagi sebentar lagi Lebaran jadi semoga bisa membantu menutup kebutuhan hari raya," ungkap Bupati Hartopo. 

Besaran BLT yang diterima yaitu sebesar Rp600 ribu per orang. 

"Untuk BLT di Anggaran perubahan nanti saya sudah tidak ikut pembahasan karena sudah memasuki masa purna tugas," tambahnya.

 

Meski begitu Hartopo akan berupaya untuk mengawal penyaluran DBHCHT agar tepat sasaran yaitu dengan cara menitipkan pada instansi terkait. Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kudus Agung Karyanto menyebut pihaknya telah mengalokasikan dana BLT dari DBHCHT sebesar Rp40 miliar.

Dana tersebut disalurkan pada 3.315 penerima. Sedangkan anggaran dari provinsi sebesar 46,5 miliar yang akan disalurkan pada 38.793 penerima.

“Kami telah menerima anggaran dari APBD kabupaten dan provinsi untuk disalurkan pada seluruh penerima BLT. Di SKT Megawon sendiri terdapat sebanyak 2.332 penerima,” jelasnya.

Penggunaan DBHCHT diatur dalam PMK Nomor 215/PMK.07/2021 tentang penggunaan, pemantauan, dan evaluasi DBHCHT

Tahun ini perolehan DBHCHT Kabupaten Kudus yaitu sebesar Rp238,52 miliar. Dari besaran anggaran tersebut nantinya akan disalurkan di beberapa bidang. Yaitu untuk bidang kesejahteraan masyarakat dialokasikan Rp87,95 miliar, penegakan hukum dialokasikan Rp12,03 miliar, dan bidang kesehatan sebesar Rp99,91 miliar. 

Sedangkan kegiatan prioritas daerah lainnya, yakni bidang infrastruktur dialokasikan Rp38,6 miliar.


 

***

tags: #dbhcht #kudus #blt #buruh rokok #bupati kudus hartopo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI