Volume Kendaraan Pemudik di Jalur Tengah Meningkat Hingga 30 Persen

Para pemudik diimbau Khadziq agar selalu mentaati peraturan lalu lintas agar arus mudik berjalan lancar dan aman.

Jumat, 21 April 2023 | 19:42 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Temanggung- Satu hari jelang Lebaran, volume kendaraan pemudik di Jalur Tengah Jawa, tepatnya di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah meningkat hingga 30 persen. kendaraan yang melintas di jalur tersebut didominasi pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat menuju Yogyakarta dan Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi usai melakukan pemantauan Pospam Lebaran 2023, belum lama ini. "Dari pantauan kita sejak pagi tadi ada kenaikan volume kendaraan pemudik sebesar 30 persen dibandingkan hari normal," ucapnya.

BERITA TERKAIT:
319.093 Kendaraan Tinggalkan Jakarta selama Musim Mudik Lebaran 1445 H
Alami Insiden, Seorang Pengguna Maxim di Semarang Terima Santunan Lebih Dari Rp6 Juta
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Libatkan Lima Kendaraan
Sepanjang 2023, 40 Insiden Kecelakaan Kereta vs Kendaraan Terjadi Wilayah Kerja KAI Daop 4 
Selama Operasi Keselamatan Polri, Sebanyak 86.437 Kendaraan Ditilang

Pucak arus mudik yang melintasi Temanggung terjadi pada Kamis malam hingga Jum"at dini hari. "Ini didominasi dari arah Semarang menuju Yogyakarta, sampai saat ini belum turun dari 30 persen itu, tetapi akan cenderung naik pada Kamis malam nanti atau diatas jam 20.00 WIB, karena kendaraan dari Tol Kalikangkung akan datang ke sini, saat ini sedang proses one way nasional dari Cikarang atau Cikampek nanti sampai ke Tol Kalikangkung," imbuhnya.

Guna mencegah terjadinya kepadatan kendaraan, Polres Temanggung telah menempatkan 400 personelnya di Pospam Lebaran 2023. "Jadi anggota di masing-masing Pospam ini disiagakan hingga arus balik mudik Idul Fitri 1444 Hijriyah mendatang," katanya.

Sementara itu, Bupati Temanggung HM. Al Khadziq memastikan jalur mudik yang melintasi Kabupaten Temanggung telah siap dilintasi kendaraan pemudik. "Pemkab Temanggung telah melakukan perbaikan jalan mudik yang rusak, perbaikan berupa penambalan jalan berlubang dan bergelombang telah selesai dilakukan, sehingga jalur mudik siap digunakan," katanya.

Para pemudik, diimbau Khadziq agar selalu mentaati peraturan lalu lintas agar arus mudik berjalan lancar dan aman.

"Jalur mudik yang melintasi Temanggung ini merupakan titik lelah para pemudik, untuk itu saya imbau agar pemudik beristirahat dulu, kita sudah sediakan rest area, seperti di Pringsurat, dan Kledung, bahkan beberapa di warung makan yang memiliki lahan parkir luas agar dimanfaatkan untuk beristirahat," pungkasnya.

***

tags: #kendaraan #pemudik #kabupaten temanggung #jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI