Sistem One Way Resmi Diberlakukan di Tol Kalikangkung KM 414 hingga cikampek KM 70

"Saya mengimbau kepada para pemudik agar istirahat dan jaga kesehatan. Jangan memaksakan dalam perjalanan. Kalau ngantuk bisa menuju exit tol terdekat,

Senin, 24 April 2023 | 20:48 WIB - Ragam
Penulis: Hafifah Nurchasanah . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - PT Jasamarga dan kepolisian menerapkan sistem lalulintas satu arah (one way) di Tol Kalikangkung hingga Cikampek arah Jakarta, Senin (24/4). Pemberlakuan sistem ini untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2023. 

Sistem lalulintas oneway diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Ia menyampaikan bahwa sistem tersebut dibuka mulai dari gerbang Tol Kalikangkung.  

BERITA TERKAIT:
Dengan Situasi Kondusif, Kapolda Jateng Yakin Pariwisata Jepara Bisa Dijual
Dialog Kebangsaan di Undaris, Kapolda Jateng Sebut Mahasiswa Berperan Jaga Situasi Kondusif
Polda Jateng Tanam 35 Ribu Bibit Pohon, Tersebar di Mako hingga Asrama
Kapolda Jateng Sebut Bhayangkari Berperan Penting Sebagai Cooling System Selama Pemilu 2024
Kunjungi Pasar Slogohimo Wonogiri, Kapolda Jateng Bentuk Tim Ungkap Penyebab Kebakaran 

"Saya mengimbau kepada para pemudik agar istirahat dan jaga kesehatan. Jangan memaksakan dalam perjalanan. Kalau ngantuk bisa menuju exit tol terdekat, nanti kalau masuk lagi gratis," ujar Muhadjir. 

Sementara Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bila memungkinkan skema ganjil genap juga akan diberlakukan di jalan tol. 

"Jadi nanti mungkin ganjil di jalan tol, genap di arteri. Itu semua untuk mengurasi kemacetan supaya arus balik dapat lancar dan nyaman bagi pemudik," jelasnya. 

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan bahwa selain jalan tol, sejumlah jalur lain seperti jalur pantura, jalur selatan dan jalur tengah juga dipersiapkan bagi pemudik. Hal ini supaya mengurangi beban jalan tol. 

"Selain itu jalan-jalan arteri juga kita siapkan dengan petunjuk arah supaya mengawal para pemudik. Bila ditemukan menemukan petunjuk arah yang kurang dimengerti silakan petugas kepolisian," tandasnya. 


 

***

tags: #kapolda jateng irjen pol ahmad luthfi #arus balik #tol kalikangkung #cikampek #kakorlantas polri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI