Banyak Kontroversi, DPR Dorong Jokowi Bubarkan BRIN 

“Bila penggabungan tersebut hanya melahirkan kasus-kasus kontroversial di tengah masyarakat, sebaiknya Presiden segera membubarkan lembaga tersebut,”

Kamis, 27 April 2023 | 13:21 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI Mulyanto meminta Presiden Jokowi mengevaluasi keberadaan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Hal ini usai munculnya berbagai kontroversi lembaga tersebut. 

Menurutnya, Presiden Jokowi harus melihat secara objektif terkait efektivitas kinerja kelembagaan BRIN pasca peleburan seluruh lembaga riset dari kementerian dan non kementerian dalam satu wadah.

BERITA TERKAIT:
Evaluasi Ibadah Haji 2024, DPR RI Siapkan Pansus
Dinilai Pengamat Politik Paling Pas Menjadi Gubernur Jateng, Berikut Profil Bambang ‘’Pacul’’ Wuryanto
DPR Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Jadi WNI 
Sumarno: Pemprov Jateng Percepat Penanganan Pascabencana Banjir
Apa itu Hak Angket Terhadap Dugaan Kecurangan Pemilu? 

“Bila penggabungan tersebut hanya melahirkan kasus-kasus kontroversial di tengah masyarakat, sebaiknya Presiden segera membubarkan lembaga tersebut,” ungkap Mulyanto melalui pesan singkatnya, dikutip dari Parlementaria, Rabu 27 April 2023.

Lebih lanjut, kata Mulyanto, bukan kali ini saja peneliti BRIN memunculkan kasus kontroversial yang menimbulkan geger di masyarakat. Seperti kontroversi BRIN baru-baru ini yakni ancaman pembunuhan kepada warga Muhammadiyah.

Kehebohan sebelumnya yang pernah membuat publik ramai adalah pernyataan dari peneliti BRIN bahwa akan ada badai dahsyat karena cuaca ekstrim di Jabodetabek.  

Padahal kewenangan mengumumkan secara resmi soal itu ada di BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Pernyataan tersebut kemudian dibantah BMKG dan nyatanya terbukti tidak ada.

***

tags: #dpr ri #brin #kontroversi #presiden jokowi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI