Sidak ke Pasar Terong, Mendag Sebut Harga Sejumlah Bahan Pokok Mulai Stabil

Mendag Zulkifli bersama Wali Kota Makassar dan jajaran terkait mengunjungi sejumlah los di Pasar Terong.

Rabu, 03 Mei 2023 | 14:59 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makassar - Menteri Perdagangan H Zulkifli Hasan menyebut bahwa harga sejumlah bahan pokok mulai turun. Hal tersebut disampaikan usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga sembako di Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/5/2023).

Zulkifli Hasan mengatakan bahwa kegiatan sidak ini untuk mengetahui harga bahan pokok usai Lebaran. "Ini untuk mengetahui perkembangan harga sembako di lapangan, saya sudah mendatangi sejumlah daerah, sebelumnya ke Sorong," ujarnya.

BERITA TERKAIT:
Indonesia Ekspor Kopi Senilai Rp1,48 Juta ke AS
Produk Impor dari China akan Dipajaki 200 Persen 
Jokowi Panggil Sejumlah Menteri Bahas Perekonomian Sore Ini
Harga Minyakita akan Naik, Jadi Rp15.000 per Liter
Mendag Ungkap Kasus Pengurangan LPG 3 Kilogram

Dari hasil sidak tersebut, kata dia, dinilai harga sembako seperti telur, cabai, dan bawang merah sudah murah. Yang masih cukup tinggi harga ayam potong, dan harga beras yang standar masih bertahan. Rinciannya harga telur ayam ras Rp25 ribu per kilogram, cabai Rp25 ribu per kg, bawang merah 35 ribu per kg, ayam potong Rp40 ribu per ekor, dan minyak goreng Rp14 ribu per liter.

Pada kesempatan tersebut, Mendag Zulkifli bersama Wali Kota Makassar dan jajaran terkait mengunjungi sejumlah los di Pasar Terong, di antaranya los penjual minyak goreng, penjual telur, penjual beras, dan penjual ayam potong.

Sementara itu, Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto mengatakan, dengan memantau pasar hari ini sudah menunjukkan semua harga sembako cukup terkendali.

Sebelumnya harga cabai merah ketika Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Pasar Terong bulan lalu, masih Rp40 ribu per kg. Sementara harga saat ini sudah turun menjadi Rp25 ribu kg.

Kondisi itu juga memperlihatkan terjadi penurunan inflasi, lanjut dia, dari bulan lalu 5,99 persen, bulan ini turun menjadi 4,87 persen.

Hal ini karena kerja keras Disdag provinsi dan kota dan juga PD Pasar serta operasi pasar (OP) yang tepat sasaran telah menjadi kunci dari keberhasilan menurunkan harga kebutuhan masyarakat di pasaran.

***

tags: #zulkifli hasan #makassar #bahan pokok #pasar terong #harga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI