Salah seorang warga binaan Lapas Brebes sedang membuat sandal pesanan salah satu hotel berbintang tiga. Foto. Eko S/kuasakata.com

Salah seorang warga binaan Lapas Brebes sedang membuat sandal pesanan salah satu hotel berbintang tiga. Foto. Eko S/kuasakata.com

Hebat! Sandal Made In Warga Binaan Lapas Brebes Tembus Hotel Bintang Tiga

Pembuatan sandal untuk membekali warga binaan ketrampilan.

Kamis, 04 Mei 2023 | 22:24 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Kata hebat patut diacungkan kepada sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes Kanwil Kemenkumham Jateng. Pasalnya, mereka dapat membuat sandal pesanan hotel hingga ribuan pasang dalam sebulan. sandal hotel berbahan spon tersebut di pesan oleh banyak hotel hotel berbintang di Kabupaten Brebes , yakni Grand Dian Hotel, Dedy Jaya Hotel serta King Royal Hotel.

Kepala Lapas (Kalapas) Brebes Isnawan saat dihubungi, Kamis (4/5/2023) mengemukakan, sejumlah warga binaan dilibatkan dalam produksi sandal hotel.

BERITA TERKAIT:
Gandeng LBH JMM, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Tahanan
Merk LABRE, Hasil Karya Warga Binaan Lapas Brebes Tampil di Dekranas Expo 2024
Warga Binaan Lapas Brebes Dibekali Penyuluhan Agama Islam
Tujuh Warga Binaan Lapas Brebes Jalani Program Pembebasan Bersyarat
Warga Binaan Lapas Brebes Diperkenalkan Sistem Pembayaran Cashless Tanpa Tunai

“Pembuatan sandal ini, tujuannya untuk membekali para warga binaan dengan keterampilan agar keluar dari sini bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha,” ucap Isnawan.

Sementara itu, Kasubsi Kegiatan Kerja Fahrur Ridlo menuturkan, ratusan pasang sandal hotel tersebut dibuat oleh para warga binaan setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB di balai kegiatan kerja yang terdapat di dalam lapas. Kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan kemandirian yang sangat baik bagi warga binaan Lapas Brebes.

Dikatakan, semua proses pembuatan sandal hotel mulai dari pemotongan bahan sesuai ukuran, penyablonan, penjahitan, hingga finishing dilakukan sendiri oleh warga binaan.

Menurut Ridlo, pengusaha hotel tertarik menggunakan sandal hotel buatan warga binaan ini karena kualitasnya tidak kalah dari sandal hotel yang ada di pasaran.

Selain itu, lanjut Ridho, harga sandal juga bersaing. Lapas Brebes menjual sandal ini Rp 2.700 per pasang. Kalau di pasaran, ada  yang jual hingga Rp 4.000-an per pasang.

"Pembuatan sandal hotel ini merupakan bentuk pembinaan Kementerian yang ada di lapas Brebes yang impact-nya bagi warga binaan itu sendiri mendapat premi dan untuk PNBP," pungkas Ridho.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #lembaga pemasyarakatan #warga binaan #sandal #grand dian hotel brebes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI