Foto istimewa.

Foto istimewa.

Menag Adakan Rakor Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023

Berdasarkan laporan yang diterima dari Kanwil Kemenag se Indonesia, dijelaskan Gus Men rata-rata pelunasan jemaah hingga hari ini mencapai 90 persen.

Selasa, 09 Mei 2023 | 05:31 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M, pada Senin (8/5). Pada rapat tersebut Menag juga membahas 8.000 tambahan kuota jemaah haji yang telah diberikan Arab Saudi.

Rapat tersebut didakan di ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta. rapat koordinasi itu dihadiri oleh Dirjen PHU Hilman Latief dan jajaran, para Staf Ahli, Staf Khusus serta Kakanwil dan Kabid Haji yang mengikuti rapat secara daring.

BERITA TERKAIT:
Tingkatkan Mutu Widyaiswara, Kemenag Gandeng Sae Kyung University Korsel
Kemenag Segera Buka Program Beasiswa bagi 1.000 Santri
Kemenag RI Buka Pendaftaran Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab
Kemenag Rampungkan Pembangunan 76 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Wilayah 3T
Judi Online Picu Lonjakan Kasus Perceraian, Begini Arahan Kemenag

Jajaran Kemenag, dalam rapat itu diminta Gus Men sapaan akrab Menag untuk konsentrasi penuh dalam mempersiapkan layanan haji 1444 H, termasuk dalam mengoptimalkan pemanfataan tambahan 8.000 kuota jemaah haji dari Arab Saudi. "Tolong dipastikan orientasi kita adalah kepuasan jemaah haji, tidak ada orientasi lain di luar kepuasan jemaah. Segera jadwalkan rapat bersama Komisi VIII dengan agenda tunggal persiapan yang mendesak tanpa isu aktual lainnya," ucapnya.

Ia meminta kuota tambahan tersebut diatur dengan regulasi. "Kita ini memasuki tahun di mana semua mata menatap kita, yakni tahun politik. Jadi harus hati-hati dan harus ada regulasi. Kuota tambahan ini harus memiliki regulasi untuk dijadikan dasar kebijakan serta efisiensi waktu dan anggaran. Sekali lagi saya minta konsentrasi penuh untuk mempersiapkan pelayanan kepada jemaah haji," sambung Gus Men.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Kanwil Kemenag se Indonesia, dijelaskan Gus Men rata-rata pelunasan jemaah hingga hari ini mencapai 90 persen. Kondisi ini memerlukan terobosan bagaimana caranya semua jemaah bisa segera melakukan pelunasan.

"Saya minta kepada Kanwil dan KanKemenag untuk tidak menunggu dan harus menjemput bola karena data calon jemaah itu sudah ada. Jangan menunggu jemaah datang melainkan bagaimana konsentrasi kita semua terhadap jemaah haji dan kita harus turun tangan," tandas Menag.

Terkait pembagian kuota tambahan, Gus Men meminta kepada jajarannya untuk tetap mengedepankan prinsip haji yang berkeadilan. Misalnya, memperhatikan beberapa daerah yang jemaahnya sangat besar dan antriannya panjang. Misalnya, Sulsel yang antrian jemaah hajinya mencapai 47 tahun, dan provinsi lainnya.

Gus Men menambahkan selain jumlah jemaah dan panjang antrian, Kemenag juga harus mempertimbangkan daerah yang agresif dalam melakukan pelunasan. Ini bisa menjadi pertimbangkan agar kuota bisa terserap optimal.

Ia meminta dalam rekruitmen petugas haji tambahan tidak mengunakan skema menunjuk peserta yang tidak lolos dalam rekruitmen sebelumnya. "Saya tidak setuju dengan skema yang tidak lolos dalam rekruitmen petugas sebelumnya dijadikan petugas tambahan. Kita perlu waktu untuk menentukan ini dan tetap harus dibicarakan secara khusus," jelasnya.

Menag juga meminta ke depan tidak ada lagi cetak mencetak buku panduan penyelengaraan ibadah haji yang dinilai tidak efektif dalam anggaran. "Saya berharap ke depan tidak ada cetak-menecetak buku lagi dan semua harus digitalisasi yang dapat diakses melalui aplikasi Pusaka yang tentunya jauh menghemat anggaran daripada cetak buku," pungkas Menag.

***

tags: #kemenag #arab saudi #menteri agama yaqut cholil quomas #rapat koordinasi #penyelenggaraan ibadah haji

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI