Daftar Kontroversi SEA Games 2023 di Kamboja, Terbaru Tuan Rumah Diduga Sewa Pebulutangkis Putri Asal China

Beberapa di antaranya juga menyangkut atlet Indonesia.

Jumat, 12 Mei 2023 | 18:50 WIB - Olahraga
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Ajang Olahraga Asia Tenggara SEA Games 2023 digelar di Kamboja. Ini menjadi pertama kalinya bagi negara tersebut menjadi tuan rumah ajang olahraga tersebut setelah 64 tahun berlangsung.

Sejak dibuka pada 5 Mei 2023 lalu, beberapa peristiwa memalukan, aneh, lucu, hingga menjengkelkan pun kerap terjadi dalam gelaran tersebut. 

BERITA TERKAIT:
Haornas, FIK UNNES Beri Penghargaan ke Mahasiswa Peraih Medali di SEA Games 2023
Berprestasi di Sea Games 2023 Kamboja, Dua Atlet Unwahas Semarang Raih Hadiah dari Kampus
Tingkatkan Level Kualitas Tim, PSIS akan Tambah Asisten Pelatih
Banyak Karangan Bunga untuk Timnas U-22, Ada Pantun Lucu dari Kementerian BUMN 
Ternyata Ini Resep Kemenangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 

Beberapa di antaranya juga menyangkut atlet Indonesia. Maka tak heran, kontroversi yang dilakukan Kamboja mendapat berbagai komentar warganet Indonesia. 

Lantas, apa saja kontroversi dalam SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja? Berikut selengkapnya.

1. Insiden bendera Indonesia terbalik

kontroversi pertama Kamboja terjadi saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023 yakni bendera Indonesia yang terbalik. Dalam sebuah video yang beredar memperlihatkan seorang penari lokal Kamboja membawa bendera Indonesia dengan warna merah di bawah dan warna putih di atas.

2. Menambah cabor unik

Peraturan SEA Games memperbolehkan tuan rumah menambah cabang olahraga tradisional. Meski demikian ada minimal kuota dalam pertandingan.

Kamboja menambah cabor Kun Bokator dalam SEA Games 2023. cabang olahraga dari Kamboja ini sangat unik dan menarik perhatian.

3. Penggunaan kursi plastik di ruang ganti atlet Indonesia

Kamboja sepertinya tidak siap dalam pengadaan fasilitas untuk atlet SEA Games 2023. Hal itu terlihat di ruang ganti atlet Timnas Indonesia U-22 saat melawan Timor Leste pada, Minggu (07/05/23) di mana panitia justru menyiapkan kursi plastik seperti hajatan. 

4. Melarang ganda campuran Indonesia tanding

kontroversi selanjutnya yang membuat warganet Indonesia jengkel adalah saat Kamboja melarang ganda campuran Indonesia untuk bermain dalam SEA Games 2023

Dalam peraturan tersebut, Kamboja hanya membolehkan negara non-unggulan saja yang berpartisipasi pada ajang bulu tangkis sektor campuran.

5. Melarang satu negara sapu bersih medali

kontroversi SEA Games 2023 lain yang bikin geleng-geleng kepala adalah saat Kamboja mengeluarkan peraturan tidak boleh sapu bersih medali. Seperti saat Indonesia menyapu bersih medali cabor balap sepeda nomor Cross Country Olympic (XCO) putra.

Ihza Muhammad yang meraih posisi ketiga harus merelakan medali perunggunya. Medali perunggu Indonesia dialihkan kepada wakil Kamboja, Khim Menglong yang meraih juara keempat.

6. Kamar atlet Indonesia bocor

Atlet Indonesia kembali mendapat perlakukan tidak menyenangkan. Kabar tersebut datang dari tim bulu tangkis Indonesia. Kamar penginapan mereka saat SEA Games 2023 bocor saat hujan.

7. Menggunakan lampu sorot mobil untuk penerangan

Kesiapan Kamboja menjadi tuang rumah SEA Games 2023 dipertanyakan. Pasalnya, Kamboja menggunakan penerangan dari lampu mobil saat pengalungan medali cabang olahraga (cabor) atletik lari cepat.

Pada ajang tersebut perwakilan Indonesia, Hendro Yap, meraih medali emas. Sementara, di posisi kedua ada Nguyen Thanh Ngung (Vietnam) dan ketiga Puae Pheyo Htun (Myanmar).

8. Kamboja diduga menyewa pebulutangkis putri asal China

kontroversi terbaru di SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja adalah adanya dugaan bahwa tuan rumah menyewa pebulutangkis putri asal China.

Berawal dari ramainya perbincangan di media sosial terkait salah satu pebulutangkis putri perwakilan Kamboja di SEA Games 2023 Chourng Meng yang mirip dengan bintang badminton asal China Zhou Meng.

Berbagai kejanggalan pun terjadi mulai Chourn Meng yang tak tersorot kamera, tak ikut naik ke podium, hingga segera diseret keluar dari lapangan begitu timnya dipastikan menang.

***

tags: #sea games 2023 #kamboja #kontroversi #indonesia #cabang olahraga

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI