BSI Diserang Hacker LockBit, Pelaku Ancam Sebar Data

Geng ransomware memastikan phak bank lebih memilih berbohong kepada nasabah.

Minggu, 14 Mei 2023 | 13:42 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta -  Bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Syariah Indonesia (BSI) diserang bertubi-tubi oleh para hacker yang menyebut dirinya sebagai LockBit. Serangan hacker tersebut menyebabkan layanan mobile banking maupun ATM perbankan BSI eror selama berhari-hari.

Kelompok ransomware LockBit mengaku bertanggung jawab atas serangan yang sempat mengganggu layanan bank BSI. Dalam surat terbukanya yang beredar di internet, LockBit mengklaim pihaknya sudah melancarkan serangan ke sistem BSI di bulan Mei ini.

BERITA TERKAIT:
KONI dan PSSI Sepakat Kerjasama dengan BSI untuk Olahraga Indonesia
BSI Diserang Hacker LockBit, Pelaku Ancam Sebar Data
Unwahas Semarang Gelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal
BSI Jadi Salah Satu Bank Terbaik di Dunia

Serangan itu disebut tak hanya mampu mengganggu sistem namun juga menghentikan semua layanan bank. LockBit menjelaskan serangan telah sukses menembus sistem keamanan bank, tidak ada upaya mitigasi yang dilakukan oleh manajemen bank.

Geng ransomware memastikan phak bank lebih memilih berbohong kepada nasabah. LockBit mengkonfirmasi serangan yang dilakukan juga berhasil membobol 1,5 TB data bank. Yang mana dari seluruh data yang dicuri, 15 juta diantaranya adalah data pengguna dan password untuk akses internal dan layanan yang digunakan bank

Di kesempatan yang sama, LockBit ikut menyampaikan bahwa kebocoran mencakup data karyawan, dokumen keuangan, dokumen legal, hingga NDA. Data pelanggan yang bocor antara lain nama, nomor hp, alamat, saldo rekening, histori transaksi, tanggal pembukaan rekening, dan informasi pekerjaan.

Tak ketinggalan, ransomware berbahaya itu memberikan waktu 72 jam kepada manajemen bank untuk menghubungi LockbitSupp dan menyelesaikan masalah tersebut. Bila tidak, LockBit mengancam akan meruntuhkan reputasi bank. Berikut ini adalah kutipan lengkap surat yang dilayangkan LockBit kepada BSI:

"Pada bulan Mei & kami menyerang Bank Syariah Indonesia, menghentikan sepenuhnya semua layanannya.

Manajemen bank tidak dapat memikirkan hal yang lebih baik selain dengan berani berbohong kepada pelanggan dan mitra mereka, melaporkan adanya "perbaikan teknis" yang sedang dilakukan di bank.

Kami juga ingin menginformasikan bahwa selain kelumpuhan bank. kami mencuri sekitar 1,5 terabyte data pribadi. Data yang dicuri meliputi:

1) 9 database yang berisi informasi pribadi lebih dari 15 juta pelanggan, karyawan (nomor telepon, alamat, nama, informasi dokumen, jumlah rekening, nomor kartu, transaksi, dan banyak lagi)

 2) dokumen keuangan

 3) dokumen hukum

 4) NDA

 5) Kata sandi untuk semua layanan internal dan eksternal yang digunakan di bank

Kami memberikan waktu 72 jam kepada manajemen bank untuk menghubungi LockbitSupp dan menyelesaikan masalah tersebut. P.S, Untuk semua pelanggan dan mitra bank yang datanya telah dicuri.

Jika Bank Syanah Indonesia menghargai reputasinya, pelanggan dan mitra, mereka akan menghubungi kami dan Anda tidak akan terancam. Jika tidak, kami menyarankan Anda untuk menghentikan kerja sama apa pun dengan perusahaan ini.

Sebelumnya, BSI justru beralasan bahwa lumpuhnya pelayanan Mobile Banking atau ATM terjadi karena pihaknya sedang melakukan pemeliharaan dan sistem tidak dapat diakses sementara waktu. Namun, fakta baru terungkap bahwa errornya perbankan BUMN itu disebabkan ransomware dari serangan hacker.

***

tags: #bsi #bank syariah indonesia #hacker #sebar data #lockbit

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI