PSI Daftarkan Bacaleg ke KPU Jateng, Optimis Menangkan Hati Masyarakat Jateng 

"Kalau strateginya berbagai macam, artinya kami sebagai partai muda kita memakai media sosial, merespon isu-isu yang ada di masyarakat," ungkapnya.

Senin, 15 Mei 2023 | 19:19 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan 120 nama bakal calon legislatif untuk DPRD provinsi Jawa Tengah dari 13 dapil ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, pada Sabtu (13/5/2023). 

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PSI Jawa Tengah, Yuli Zuardi Rais menyampaikan kuota kursi yang ada di Jateng terisi semua dari 120 bakal caleg, diantaranya 40 persen diantaranya diisi oleh perempuan.

BERITA TERKAIT:
PSI Daftarkan Bacaleg ke KPU Jateng, Optimis Menangkan Hati Masyarakat Jateng 
Trending di Twitter, Giring-Anies Saling Sindir

"Kita dari PSI Jawa Tengah, kita membawa Bacaleg sebanyak 120 jadi penuh 100 persen untuk semua dapil di Jawa Tengah," ungkap Yuli Zuardi.

"Untuk keterwakilan perempuan kita lebih dari 40 persen dengan jumlah sekitar 45. Yang milenial saya belum cek karena saya masih fokus memenuhi persyaratannya ke KPU," terangnya.

Yuli juga mengatakan bahwa pihaknya menargetkan setidaknya ada dua kursi atau lebih di DPRD Jateng. Selain itu ia juga berharap adanya perwakilan caleg dari segala profesi di Indonesia.

"Jadi kami menyebut hal itu, kami juga senang semua profesi di seluruh Indonesia kalau bisa ada semua menjadi Bacaleg dan menjadi perwakilan dari masing-masing komunitas itu," terangnya.

Sementara itu, saat ini PSI belum memiliki kursi di DPRD Jateng, sehingga ia yakin bahwa PSI dapat dipilih oleh masyarakat Jateng.

"Belum ada kursi di Jateng, strategi kemenangan yang jelas Jawa Tengah merupakan basis nasionalis, karena seperti itu dan PSI adalah salah satu partai yang berbasis nasionalis juga. Jadi kami yakin bahwa perkembangan kedepan PSI punya interest," tuturnya.

"Bagi masyarakat kan juga punya kepentingan untuk menyuarakan kepentingannya melalui partai-partai. Nah PSI merupakan partai yang berbasis nasionalis, kita yakin bahwa kita punya pemilih di Jawa Tengah," lanjutnya.

Yuli menambahkan bahwa PSI menggunakan stategi kemenangan dengan merespon dan memilah isu-isu yang ada di masyarakat.

"Kalau strateginya berbagai macam, artinya kami sebagai partai muda kita memakai media sosial, merespon isu-isu yang ada di masyarakat," ungkapnya.

"Isu-isu itu kan kita lihat perkembangannya ke depan dan tidak selalu harus kontra. Kita juga akan mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah yang baik," tuturnya.

Saat disinggung soal Ganjar yang menjadi calon presiden 2024, Yuli mengatakan bahwa PSI resmi mendukung Ganjar menjadi presiden selanjutnya.

"PSI sebagai partai pertama yang secara resmi mendukung Ganjar, dan sudah pernah disampaikan, karena kita juga melalui poling terbuka itu juga ada waktunya dan ada polingnya. Yang tertinggi adalah Ganjar, tentu saja ini merupakan kewajiban dari PSI untuk mengusung," ungkapnya.

"Tetapi ini semua terus berjalan, kita juga telah mendukung pak Jokowi sudah sejak awal. Kita juga akan tegak lurus kepada pemimpin yang sekarang. Kami berfikir sosok presiden kedepan adalah sosok presiden yang melanjutkan program-program pemerintahan pak Jokowi. Sementara ini kami masih terkomit dengn apa hasil dari  ketua rakyat," lanjutnya.

Ia juga optimis bahwa PSI akan mendapatkan banyak suara di Jawa Tengah dan memiliki suara yang signifikan.

"Target perolehan suara di Jateng. Kalau jumlah suaranya saya mungkin tidak bisa mengatakan secara spesifik. Yang jelas PSI akan duduk di parlemen nasional. Artinya, sebagai lumbung suara di nasional di Jawa terutama di Jateng akan punya suara yang signifikan," tandasnya.

***

tags: #psi #kpu #bacaleg

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI