Walikota Semarang Galakkan Penanaman Pohon untuk Lawan Cuaca Panas

Mbak Ita sudah meresmikan taman titik nol kilometer.

Rabu, 17 Mei 2023 | 09:17 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Semarang - Menyikapi cuaca Kota Semarang yang dalam beberapa waktu terakhir terasa panas, Pemerintah Kota Semarang akan kembali menggalakkan gerakan penghijauan untuk membuat Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tersebut menjadi sejuk.

Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan bahwa gerakan penanaman pohon penghijauan sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Dirinya hanya kembali meminta gerakan penanaman pohon tersebut lebih digencarkan lagi untuk menyikapi persoalan cuaca panas yang banyak dikeluhkan warga masyarakat.

BERITA TERKAIT:
Mbak Ita Terima Taruna Akpol Sebagai Warga Kota Semarang
Kemenkop UKM Sebut Durian Kota Semarang Potensi Jadi Komoditas Ekspor
Sempat Tertunda karena Pemilu, Festival Durian di Gunungpati Semarang Akhirnya Digelar
Mbak Ita Isyaratkan Tak Maju Pilwalkot 2024, Ingin Fokus untuk Keluarga
Harga Kebutuhan Pokok Naik, Walikota Semarang Minta Warga Tidak Panic Buying

"Kemarin-kemarin kami sudah melakukan penanaman di Waduk Jatibarang, Banjir Kanal Barat. Kami akan lakukan gerakan menanam lagi untuk mencukupi wilayah-wilayah yang belum," jelas Mbak Ita di Kantor Wali kota Semarang, Selasa (16/5/2023).

Selain penghijauan di titik-titik tertentu, Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kota Semarang saat ini juga sudah membangun banyak taman pasif. Taman pasif tersebut lebih banyak ditanami pohon-pohon agar bisa membuat kota Semarang sejuk. 

"Taman aktif itu yang besar-besar saja, contoh Taman Satwa, taman Kedondong, taman Bangetayu. Kalau yang kecil kami buat taman pasif," paparnya.

Belum lama ini, Mbak Ita juga sudah meresmikan taman titik nol kilometer. Rencananya kawasan di dekat Dinas Kesehatan juga akan dibuat taman oleh pihak ketiga. Saat ini, juga sedang proses pembangunan taman di depan eks Wonderia. Dirinya berharap, dengan adanya inovasi taman-taman tersebut akan membuat kota Semarang menjadi sejuk. 

"Dengan adanya inovasi-inovasi itu, kita akan terhindar dari panas yang cukup luar biasa. Kami harap di kota Semarang jangan sampai panas sekali," ucapnya.

Di samping itu, Mbak Ita juga terus menggalakkan urban farming. Selain untuk menjaga ketahanan pangan Kota Semarang, urban farming juga diharapkan menjadi salah satu upaya membuat Kota Semarang semakin hijau dan sejuk. Dampaknya juga tidak hanya terhadap cuaca, tetapi juga terhadap ekonomi dan pariwisata di Kota Semarang.

***

tags: #walikota semarang #hevearita gunaryanti rahayu #mbak ita #penghijauan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI