Gelombang Pertama Jemaah Haji Sudah Tiba di Arab Saudi 

Kedatangan jemaah haji menandai dimulainya musim haji dengan kapasitas penuh setelah dua tahun dibatasi akibat Covid-19. 

Senin, 22 Mei 2023 | 12:58 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jeddah - jemaah haji gelombang pertama 2023 telah tiba di Jeddah dan Madinah, Minggu (21/5). jemaah haji tersebut berasal dari Bangladesh dan Malaysia. 

Kedatangan jemaah haji menandai dimulainya musim haji dengan kapasitas penuh setelah dua tahun dibatasi akibat Covid-19. 

BERITA TERKAIT:
Jemaah Haji Lampung yang Wafat di Tanah Suci Sebanyak Enam Orang
PPIH Sebut Jumlah Haji Indonesia yang Wafat di Armuzna Turun
Menag Tanggapi Isu Dugaan Penyalahgunaan Alokasi Kuota Tambahan
Pj Gubernur Jateng Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo
Usai Prosesi Armuzna, Jemaah Haji asal Purbalingga Kembali ke Makkah

jemaah haji asal Bangladesh disambut dengan bunga, bingkisan, dan ucapan selamat oleh petugas imigrasi, pegawai Kementerian Haji dan Umrah, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Kesehatan. Selain itu, para jamaah juga menerima doa dari para petugas "Hajj Mubarak". 

Mereka kemudian diantar dari bandara oleh Wakil Menteri Urusan Haji Ayed Al-Gwinm. 

"Integrasi strategis antara semua entitas pemerintah, mulai dari menyiapkan semua visa hingga bea cukai dari negara-negara jamaah, berjalan sangat baik," kata Al-Gwinm.

Jamaah gelombang pertama ini menandai kedatangan empat penerbangan dari Bangladesh ke Jeddah, dengan total 419 jamaah di setiap penerbangan. 

Sementara itu, penerbangan yang membawa jemaah haji Malaysia, juga melalui inisiatif Rute Makkah, tiba di Madinah. Inisiatif Rute Makkah adalah bagian dari Program Layanan Haji Arab Saudi yang diluncurkan pada 2019. 

Tujuh negara dalam inisiatif ini adalah Pakistan, Malaysia, Indonesia, Maroko, Bangladesh, Turkiye, dan Pantai Gading. Selanjutnya, akan ada kedatangan dari beberapa penerbangan di Jeddah dan Madinah setiap hari hingga tanggal 4 Juni 2023.
 

***

tags: #jemaah haji #jeddah #madinah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI