Potret Jemaah Haji Indonesia Kloter 1 Tiba di Tanah Suci

Penyambutan berlangsung dengan senandung Thala'al Badru dan pemberian bunga kepada calon jemaah haji Indonesia.

Rabu, 24 Mei 2023 | 18:25 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Madinah – Sebanyak 360 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5).
 
Kehadiran perdana jamaah haji Indonesia disambut Wakil Menteri Haji dan Umrah bidang Ziarah Abdurrahman Bejawi, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz Ahmad, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, serta Kepala Daker Bandara Haryanto beserta jajarannya.

Penyambutan berlangsung dengan senandung Thala'al Badru dan pemberian bunga kepada jamaah calon haji Indonesia. Jamaah keluar dari bandara melalui terminal fast track atau jalur cepat tanpa pemeriksaan sidik jari dan bio visa Imigrasi Saudi, sehingga dari pesawat, jamaah langsung diantar menuju bus, lalu diberangkatkan ke hotel di Madinah. Tidak ada proses imigrasi dan bea cukai, karena seluruhnya sudah dilakukan di Tanah Air.
 
"Marhaban dhuyufurrahman. Selamat datang tamu-tamu Allah. Alhamdulillah, suasana penyambutan sangat baik dan lancar. Prosesnya sederhana dan khidmat. Jamaah tidak lama di bandara, langsung ke bus untuk diantar ke hotel. Koper bagasi mereka juga langsung diantar ke hotel," kata Koordinator PPIH Arab Saudi Abdul Aziz di Terminal Fast Track Bandara AMAA Madinah, Rabu (24/5).

BERITA TERKAIT:
Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo yang Wafat Bertambah Jadi 11 Orang
Alami Kecelakaan, Dua Calon Jemaah Haji asal Tulungagung Gagal ke Tanah Suci
Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 87, Bupati Sragen: Semoga Berangkat Sehat Pulang Juga Sehat
Wapres Maruf Amin Sebut "Fast Track" Bagian Perlakukan Istimewa Saudi untuk Indonesia
Lepas 751 Calon Jamaah Haji, Bupati Yuni Titip Doa untuk Kebaikan Kabupaten Sragen

Lebih lanjut, ia mengatakan, ada 185 orang lanjut usia (lansia) dalam rombongan dan seluruhnya terlihat secara fisik kondisinya baik dan segar, dan tetap harus diwaspadai, sebab cuaca di Saudi sangat panas dibanding di Indonesia.

"Berikan pelayanan terbaik agar mereka bisa beribadah dengan baik. Saya melihat para petugas sigap dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Saya harap sikap ini dipertahankan sampai akhir operasional," pesan Aziz ke petugas haji.
 
Wakil Menteri Haji dan Umrah bidang Ziarah Abdurrahman Bejawi Bejawi juga mengucapkan selamat datang kepada jamaah calon haji Indonesia. Menurutnya, fast track merupakan layanan dari Raja Arab Saudi agar perjalanan jamaah di Madinah berjalan lebih cepat dan lancar.
 
"Target kami dari layanan fast track ini adalah memberikan kenyamanan dalam perjalanan bagi jamaah haji. Ini merupakan bagian dari pelayanan Arab Saudi bagi jamaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia," tukasnya.

***

tags: #calon jemaah haji #indonesia #madinah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI