Tembakan Gas Air Mata saat Ricuh Konser Slank di Semarang, Polisi: Sudah Sesuai Aturan!

Usai insiden kerumunan massa bubar

Rabu, 24 Mei 2023 | 20:53 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, SemarangPolrestabes Semarang menegaskan tindakan tembakan gas air mata saat ricuh konser Slank, Minggu (21/5) malam sudah sesuai aturan yang ada. 

Seperti dalam ramai pemberitaan, konser dalam rangka HUT ke-476 Kota Semarang ini sempat ricuh lantaran banyak Slankers yang tak bisa masuk arena Stadion Diponegoro karena tak punya tiket.

BERITA TERKAIT:
Polisi Tangkap Dua Tersangka Pengeroyokan di Kebonharjo Semarang, Dua Lainnya dalam Pengejaran
Mahasiswa di Semarang Curi Fortuner Teman Koas, Ngaku Hanya Iseng
Terungkap! Penemuan Bayi di Semarang Utara, Ternyata Hasil Hubungan Gelap
Sejumlah Perwira Polisi di Semarang Jadi Inspektur Upacara, Sampaikan Pesan Pencegahan Kenakalan Remaja
Misteri Penemuan Pria Tak Sadarkan Diri di Kali Babon Semarang Terungkap! Berawal dari Perampas Hp

Kepala Bagian Operasi Polrestabes Semarang AKBP Joko Wicaksono menegaskan sesuai dengan Peraturan Kapolri no 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian Bab II pasal 5 dan pasal 7 ayat (2), tindakan tersebut dilakukan oleh petugas di lapangan karena agresifnya massa yang ingin memaksa masuk untuk menonton sudah tidak terkendali.

"Tindakan tersebut terpaksa kami lakukan karena massa sudah anarkhis melempari petugas yang berjaga dengan paving blok, batu, dan besi pembatas pagar penonton. Tujuan kami menembakkan gas air mata adalah untuk memecah konsentrasi massa yang berada pada pintu masuk agar berkurang,” kata AKBP Wicaksono, Rabu (24/5).

Setelah insiden tersebut kerumunan massa yang berada pintu masuk stadion  membubarkan diri untuk mencari lokasi yang aman. Kondisi kembali menjadi kondusif dan selang beberapa saat penonton yang tidak mempunyai tanda khusus diperbolehkan masuk kembali dengan standar pemeriksaan yang sudah ditetapkan. Acara berjalan dengan lancar dan kondusif hingga seluruh rangkaian acara selesai.

AKBP Wicaksono juga menyampaikan permohonan maafnya kepada semua pihak atas kejadian tersebut.

"Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang hadir. Kami mohon maaf terkait pelaksanaan pengamanan dan pelayanan kami pada saat kegiatan tersebut,” tandasnya.

***

tags: #polrestabes semarang #kota semarang #gas air mata #slank

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI