SMP Negeri 18 Semarang Bakal Gelar Lomba LKBB 2023 untuk Siswa SD-SMP se-Jateng

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana atau wadah aktualisasi jiwa nasionalisme yang monumental bagi para siswa siswi dalam kopetisi paskibra," ujar Aji

Jumat, 26 Mei 2023 | 12:22 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - SMP Negeri 18 Kota Semarang akan menggelar Lomba Kebangsaan Baris Berbaris (LKBB) Berjaya 2023, pada 1 Oktober 2023. LKBB untuk membangun kedisplinan dan kreatifitas generasi muda

Ketua Penyelenggara Teguh Dwi Setiaji mengatakan dengan digelarnya LKKB Berjaya 2023, bertujuan menciptakan insan yang cerdas dan berdedikasi sebagai kader penerus dan pemimpin bangsa di masa depan, juga memiliki wawasan kebangsaan guna memupuk jiwa nasionalisme.

BERITA TERKAIT:
SMP Negeri 18 Semarang Bakal Gelar Lomba LKBB 2023 untuk Siswa SD-SMP se-Jateng

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana atau wadah aktualisasi jiwa nasionalisme yang monumental bagi para siswa siswi dalam kopetisi paskibra," ujar Aji, Jumat (26/5). 

Aji mengatakan tidak hanya satu lomba yang ditampilkan, ada Lomba Peraturan Baris Berbaris (LKBB), Lomba Variasi Formasi, Danton terbaik, Lomba reals instagram dan best media sosial yang diikuti tingkat SD/ MI sederajat dan SMP/ MTs sederajat se Jawa Tengah.

"Ada lomba PBB, yang dewan jurinya didatangkan langsung dari Rindam Jaya Jakarata, Rindam IV Dipenogoro kemudian ada juga dari Polri dan rencana kami juga ada dari Polwan serta TNI AD dari Kodim Kota Semarang, itu untuk PBB," ungkap dia. 

"Kemudian ada LCT tentang kebangsaan, dewan jurinya dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang dan Jawa Tengah, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang dan Jawa Tengah," sambungnya. 

Dirinya menargetkan, peserta yang akan mendaftar sebanyak 15 pangkalan SD/ MI dan 20 pangkalan dari SMP/ MTs di Jawa Tengah. Ia membeberkan pelaksanaan lomba ini menggunakan dana dari para sponsor dan alumni.

"Untuk dana kami 100 persen dari sponsor dan alumni, yang kita kelola berdasarkan kerja sama pengajuan sponsor, yang kita lakukan dari awal tahun ini," katanya.

Dengan terwujudnya LKBB Berjaya 2023, pihaknya berharap bisa menjadi pionir dalam membentuk generasi muda yang cinta rasa nasionalisme.

"Harapannya SMP N 18 Semarang menjadi pionir untuk LCT kebangsaan dan lomba sejenis yang bagaimana kita bisa meningkatkan rasa kecintaan nasionalisme pada kaum genersai muda sekarang," tandas dia. 

Pembina Paskibra SMP N 18 Semarang, Monica Chandra A  mengatakan, dukungan diberikan penuh oleh sekolah, dari perizinan hingga fasilitas dalam pelasaksanaan lomba tersebut.

Pihaknya berharap dengan adanya event ini, dapat memunculka bibit - bibit paskibra pada jenjang SD dan SMP sederajat di Jawa Tengah.

***

tags: #smp negeri 18 kota semarang #lkbb #generasi muda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI