Bupati Khadziq Berharap Anak-anak Miliki Karakter Temanggungan

Tarian Gambyong Pareanom yang dibawakan oleh empat siswa dari SMA Negeri 2 Temanggung mengawali pembukaan acara Gelar Karya.

Senin, 29 Mei 2023 | 23:33 WIB - Didaktika
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Temanggung- Anak-anak dengan didikan Kurikulum Merdeka Belajar harus memiliki karakter, khususnya Karakter Temanggungan. Hal itu disampaikan Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq saat membuka acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kabupaten Temanggung Tahun 2023 bertempat di Gedung Pemuda Temanggung, Senin (29/5/2023).

“Alhamdulillah Kabupaten Temanggung kita bisa melaksanakan Gelar Karya, menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar, mencetak guru-guru penggerak, dan juga bisa mengembangkan berbagai karakter, khususnya Karakter Temanggungan tetap kita pertahankan," katanya. 

BERITA TERKAIT:
Buka Forum Komunikasi UKPBJ, Bupati Khadziq Mengungkapkan Temanggung Kekurangan Pejabat PBJ
DPRD Temanggung Gelar Rapat Paripurna Bahas Rencana KUA PPAS TA 2024
Bupati Khadziq Lepas Atlet Temanggung yang akan Berlaga di Porprov XVI Jateng
Letkol Inf. Sriyono Jabat Dandim 0706/Temanggung
Bupati Khadziq Berharap Anak-anak Miliki Karakter Temanggungan

"Apa Karakter Temanggungan itu? Karakter Temanggungan adalah karakter hidup positif, karakter yang ingin maju, karakter yang ingin guyub, berprestasi, kerja keras, kuat pada pendirian, berperadaban maju, dan juga senantiasa memegang adat dan tradisi. Nampaknya lengkap yang diterapkan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” tandas Al Khadziq.

Khadziq berharap dilaksanakannya Gelar Karya Kabupaten Temanggung Tahun 2023, membuat anak-anak Temanggung mampu bersaing secara global dan tidak meninggalkan jati dirinya sebagai masyarakat Temanggung.

“Semoga betul-betul anak Temanggung masa depan adalah anak-anak yang berperadaban maju, mampu bersaing di tingkat global, tetapi juga tidak lupa pada asal-usulnya. Marilah kita curahkan, marilah kita investasikan untuk masa depan anak-anak kita, agar anak-anak Temanggung tumbuh menjadi generasi yang gandem agar Temanggung tetap menjadi TMG, Tentrem, Marem, dan Gandem,” harapnya.

Saat menghadiri kegiatan tersebut, Khadziq didampingi Ketua DPRD Kabupaten Temanggung dan jajaran Forkopimda. 

Tarian Gambyong Pareanom yang dibawakan oleh empat siswa dari SMA Negeri 2 Temanggung mengawali pembukaan acara Gelar Karya dan juga menjadi cucuk lampah Bupati beserta jajarannya saat memasuki tempat acara. Tema yang diangkat pada Gelar Karya P5 Tahun 2023 adalah “Gaungkan Merdeka Belajar untuk Eksplorasi Potensi Temanggung”.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto menyampaikan dukungannya pada penyelenggaraan Gelar Karya P5 yang dilaksanakan pada 29 hingga 31 Mei 2023. Yunianto berharap, dari adanya kegiatan Gelar Karya tersebut mampu mengembangkan kepribadian, kemandirian, dan karakter siswa untuk menyongsong tantangan global.

“Program P5 yang merupakan representasi dari Kurikulum Merdeka yang nantinya akan membimbing anak-anak didik menuju Indonesia maju, tentunya harus punya kepribadian, harus mandiri, kreatif, inovatif, dan nantinya ini kita harus menjadi generasi yang jauh lebih baik, mampu bersaing secara global. Tentunya, dengan Gelar Karya P5 ini anak-anak kita semuanya harus selalu bisa berorientasi kepada Pancasila, taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, harus mandiri, berkarakter, dan harus berkepribadian,” ungkap Yunianto.

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Darmadi, sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Temanggung yang telah menyelenggarakan Gelar Karya tingkat Kabupaten dan mendukung Kurikulum Merdeka Belajar melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Darmadi juga mengapresiasi seluruh stakeholder pendidikan dan juga Forkopimda Kabupaten Temanggung yang sangat memperhatikan kemajuan pendidikan di Kabupaten Temanggung. 

***

tags: #bupati temanggung hm al khadziq #merdeka belajar #proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) #gelar karya

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI