Peringati Hari Waisak, Presiden Jokowi Doakan Semua Makhluk Hidup Berbahagia

Hari ini umat Buddha melakukan arak-arakan dari Candi Mendut ke Borobudur.

Minggu, 04 Juni 2023 | 13:44 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memperingati Hari Raya Waisak. Pada momen ini, kepala negara mendoakan semua makhluk dapat hidup berbahagia, khususnya di peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2567, Minggu (4/6/2023).

Dalam akun Instagram @Jokowi, diunggah gambar ilustrasi biksu dari berbagai negara yang datang ke Indonesia dengan berjalan kaki guna menuju Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah.

BERITA TERKAIT:
Para Pedagang di Zona II Candi Borobudur Mulai Pindah Lokasi Jualan
Menag Dukung Peringatan Waisak di Borobudur
Bhikkhu Thudong Mulai Jalan Kaki Dari India Menuju Borobudur untuk Peringati Waisak
Waisak Sebentar Lagi Dilaksanakan, Berikut Rangkaian Acaranya
Pj Bupati Jepara Berharap Peringatan Waisak Dijadikan Momentum Pererat Persatuan

Presiden menyampaikan para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan.

"Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua makhluk hidup berbahagia," ujar Jokowi di akun Instagram resminya, Minggu (4/6). 

Sebagaimana diketahui, hari ini Umat Buddha melakukan arak-arakan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Minggu, menjelang detik-detik Waisak 2567 BE/2023.

Penganut Buddha membawa api dharma Waisak yang diambil dari daerah Mrapen di Kabupaten Grobogan dan air berkah Waisak yang diambil dari Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Api dharma dan air berkah Waisak telah disakralkan dalam puja bakti yang dilaksanakan oleh para biksu dan umat Buddha di Candi Mendut.

Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) S. Hartati Murdaya mengemukakan bahwa api merupakan sumber energi besar bagi kehidupan dan air melambangkan kerendahan hati, kesucian, dan ketenangan.

Arak-arakan penganut Buddha dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur meliputi pembawa Bendera Merah Putih dan pembawa hasil bumi berupa padi, sayuran, dan buah-buahan.

***

tags: #waisak #buddha #jokowi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI