Turunkan Stunting Pemkab Cilacap Latih 269 KPM

KPM ini berasal dari warga masyarakat seempat, berpengalaman sebagai kader masyarakat, diutamakan bidang pembangunan manusia.

Jumat, 09 Juni 2023 | 05:15 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Guna menurunkan angka stunting, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan pelatihan kepada 269 Kader Pembangunan Manusia (KPM) di Gedung Sumekar selama 3 hari mulai dari hari Senin 5 Juni 2023 hingga Kamis 7 Juni 2023. Pelatihan KPM diikuti oleh 269 peserta dari seluruh Desa di Kabupaten Cilacap. 

KPM ini bertujuan untuk menjembatani Desa dan Pemerintah maupun Swasta terkait penurunan stunting. KPM yang merupakan kader masyarakat terpilih yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di desa terutama dalam monitoring dan fasilitasi konvergensi penanganan stunting.

BERITA TERKAIT:
Cegah Tindak Korupsi, Pemkab Cilacap Adakan Sosialisasi Saber Pungli
Ribuan Masyarakat Ikuti Festival Nelayan Cilacap 2024
Pemkab Cilacap dan BRIDA Jateng Adakan Pameran Produk Inovasi
Pemkab Cilacap Uji Coba SIBER MAYA
Pemkab Cilacap Dukung Germas Agar Masyarakat Biasa Hidup Sehat

Koordinator Pengembangan Ekonomi Dispermades Kabupaten Cilacap Andi Susilo dalam sambutannya menjelaskan KPM ini nantinya akan bersinergi dengan aparat desa dan tenaga kesehatan, dalam mengintervensi program konvergensi stunting di tiap desa sebagai motor penggerak konvergensi stunting.

“Sehingga perlu peningkatan kompetensi agar memiliki pengetahuan dini terhadap ciri-ciri stunting dan penanganannya,” ujarnya.

Andi melanjutkan, KPM ini berasal dari warga masyarakat seempat, berpengalaman sebagai kader masyarakat, diutamakan bidang pembangunan manusia. “Mereka adalah kader Posyandu, guru PAUD, kader kesehatan, Unit Pelayanan Kesehatan, Unit Layanan Pendidikan, Karang Taruna, kader PKK, tokoh masyarakat, dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting. Masing-masing desa memiliki satu KPM,” terangnya.

Narasumber dalam pelatihan ini berasal dari Tenaga Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dispermades, Dinas Kesehatan serta narasumber dari AIHSP (Australia Indonesia Health Security Partnership). 

***

tags: #pemerintah kabupaten cilacap #stunting #dinas pemberdayaan masyarakat desa #kader pembangunan manusia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI