Antisipasi Penyebaran Penyakit, Pemkab Sukoharjo Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Enam tim yang merupakan dokter hewan diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan sebelum penyembelihan.

Sabtu, 10 Juni 2023 | 11:28 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sukoharjo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melakukan langkah antisipasi penyebaran penyakit menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H. Salah satunya dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Arif Rahmanto mengatakan saat ini stok hewan kurban di Kabupaten Sukoharjo sekitar 6.000 ekor sapi dan 10.000 ekor kambing.
 
"Pengawasan kemarin sudah sekalian pengobatan, ini upaya antisipasi jelang hari kurban. Jadi jelang hari kurban 1-2 hari kami ada antemortem atau pemeriksaan hewan sebelum disembelih. Sedangkan hari H-nya ada pemeriksaan postmortem, setelah disembelih," katanya dikutip, Sabtu (10/6/2023).
 
Selain pemeriksaan, pihaknya juga aktif melakukan upaya vaksinasi penyakit mulut dan kuku serta penyakit kulit berbenjol.
 
"Kalau tahun kemarin kan ada wabah PMK dan penyakit LSD (penyakit kulit berbenjol), jadi ada hambatan. Ini sudah banyak yang divaksin, kemungkinan lebih meningkat lagi," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno di Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan pemeriksaan hewan kurban sudah dilakukan selama seminggu terakhir.
 
"Saat ini yang kami lakukan pemeriksaan ternak kurban, khususnya penyedia ternak kurban, baik di peternak maupun pedagang musiman," katanya.
 
Pihaknya juga menerjunkan enam tim yang merupakan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan sebelum penyembelihan dan pemeriksaan sampel daging usai disembelih. Pada pemeriksaan tersebut, dikatakannya, petugas juga memberikan obat cacing kepada hewan ternak.
 
"Ada indikasi sakit cacing, antisipasi itu yang selalu kami temui sehingga kami berikan obat cacing secara gratis kepada masyarakat (pemilik hewan, Red.)," tandasnya.
 

BERITA TERKAIT:
Beternak Itu Menyenangkan. Begini Kiat Praktisi Hewan untuk Peternak Pemula
Insiden Sapi Kurban Ngamuk di Bandar Lampung, Tendang Warga hingga Muntah Darah
Nahas! Terjerat Tali Pengikatnya, Sapi Kurban di Rembang Mati Sebelum Disembelih 
Ini Dia Sapi Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp65 Miliar
Rayakan Idul Adha Bersama, Gereja Katedral Kurban Sapi ke Masjid Istiqlal 

***

tags: #sapi #pemeriksaan #hewan kurban #sukoharjo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI