Total Jemaah Haji yang Wafat di Tanah Suci jadi 84 Orang

Almarhum Rusli meninggal setelah sempat terjatuh di kamar mandi.

Senin, 19 Juni 2023 | 17:14 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makkah - Satu jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Kepahiang meninggal di Tanah Suci, Mekkah pada Senin (19/6/2023) pukul )1.38 waktu Arab Saudi. Dengan begitu, jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Tanah Suci menjadi 84 orang.
 
"Tergabung dalam Kloter 8 Padang, bernama Bapak Rusli Sain Alam Nasir berumur 68 tahun, meninggal pada pukul 01.38 waktu Arab Saudi," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Muhammad Abdu di Bengkulu, Senin (19/6).
 
Abdu menerangkan, almarhum Rusli meninggal setelah sempat terjatuh di kamar mandi. Untuk penyebab pasti wafatnya jemaah haji asal Bengkulu tersebut masih dalam pemeriksaan tim dokter Rumah Sakit King Faisal, Mekkah.
 
"Kami juga sedang melakukan koordinasi dengan petugas kami yang ada di Jeddah tentang proses pemakaman dan sebagainya, jadi kami menunggu itu dulu," ujarnya.
 
Selain berkoordinasi dengan petugas yang mendampingi jamaah haji, pihak Kemenag Provinsi Bengkulu juga telah menghubungi keluarga almarhum Rusli, menyampaikan berita duka dan proses-proses terkait lainnya.
 
"Memberitahu dan memberi berita duka ini kepada keluarga, soal koper JCH yang meninggal dunia itu akan dikirim bersamaan dengan jamaah yang satu kloter pada saat pulang. Selain itu tentunya beliau akan mendapat asuransi berkenaan dengan kematian beliau," terangnya.

Sebelumnya, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci tercatat hingga hari ke-26 operasional haji 1444 H atau Minggu (18/6/2023) pukul 24.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Senin (19/6/2023) 04.00 WIB, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia sudah mencapai 83 orang.

BERITA TERKAIT:
PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi
Hingga Awal Juli, Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 336 Orang
Kemenag Buka Kemungkinan Haji Pasien KKHI Dipulangkan Lebih Awal
Bupati Kebumen dan Forkopimda Sambut Kepulangan Jemaah Haji
Innalillahi, Seorang Haji asal Trenggalek Wafat usai Thowaf di Tanah Suci

Dari angka tersebut, dilaporkan sebanyak 49 jemaah haji wafat di Makkah, 31 jemaah meninggal dunia di Madinah, dan tiga jemaah meninggal di Jeddah. Jemaah yang meninggal ini didominasi lanjut usia (lansia) sebanyak 45 orang, sementara non-lansia (usia 64 tahun ke bawah) sebanyak 38 orang.

***

tags: #jemaah haji #meninggal dunia #tanah suci #makkah #madinah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI