Lolos Pendanaan PKM, Unwahas Semarang Harus Rutin Riset

Mahasiswa Unwahas yang lolos pendanaan PKM masuk dalam 2 bidang kategori yaitu PKMRE dan PKMRSH.

Jumat, 23 Juni 2023 | 19:43 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas Semarang) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik pendidik maupun Mahasiswanya. Baru-baru ini Unwahas Semarang lolos dalam pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan total pendanaan mencapai puluhan juta rupiah. 

Dilansir dari laman lldikti6.kemdikbud.go.id Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

BERITA TERKAIT:
FT Unwahas Semarang Jalin Kerjasama dengan BRIN
Lolos Pendanaan PKM, Unwahas Semarang Harus Rutin Riset
Seleksi “International Community”, Sarana Internasionalisasi Kampus Unwahas Semarang
Tahun Ajaran 2022, Unwahas Semarang Terima 2052 Mahasiswa Baru
Kembali Bekerjasama dengan IKADIN Jateng, UNWAHAS Berharap Kegiatan yang Dilakukan Makin Beragam

Mahasiswa Unwahas yang lolos pendanaan PKM masuk dalam 2 bidang kategori yaitu PKMRE dan PKMRSH. Kedua bidang tersebut mengharuskan Mahasiswa untuk melakukan riset penelitian agar mendapatkan predikat lolos pendanaan oleh pemerintah. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unwahas Semarang Dr. Nur Cholid, M.Ag.,M.Pd menyampaikan jika pihaknya sangat bangga atas peningkatan prestasi Mahasiswa dalam bidang riset tersebut.

“Kami sangat bangga atas capaian tersebut, mengingat tahun ini proposal yang lolos lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Cholid, Jumat (23/6).

Dia juga menjelaskan jika nantinya akan ada upaya dalam meningkatkan jumlah proposal penelitian yang akan dikirim, upaya tersebut diantaranya adalah pendampingan dosen dalam pengerjaan proposal serta penugasan Mahasiswa dalam mata kuliah tertentu.

“Segala upaya akan kami lakukan, untuk memberikan kesempatan Mahasiswa memiliki pengalaman dalam bidang riset dan pengerjaan PKM,” jelasnya.

Selain lolos dalam pendanaan PKM, baru-baru ini tiga Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Unwahas juga mendapatkan pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Tahun 2023. Ormawa tersebut diantaranya adalah HMJ Manajemen, HMJ Ekonomi Islam dan UKM KSR PMI yang telah berhasil lolos hingga tahap pendanaan. 

Program PPK Ormawa merupakan program untuk penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Lebih lanjut Cholid menjelaskan jika kegiatan PPK nantinya akan berbentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Untuk kegiatan PPK ini akan ada pengabdian dari masing-masing ormawa. Kegiatan ini menjadi wujud pengabdian dari Mahasiswa untuk Masyarakat” ungkapnya.

***

tags: #unwahas semarang #sdm #pkm #riset

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI