PSI Umumkan Nama-nama Cagub DKI Hasil Aspirasi Warga, Hasilnya Gibran Nomer Satu

Ada sembilan nama yang ditawarkan PSI kepada warga Jakarta dalam Rembuk Rakyat Jakarta 2023 ini,

Sabtu, 24 Juni 2023 | 10:57 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - DPW PSI DKI Jakarta mengumumkan hasil aspirasi dari warga Ibu Kota perihal sosok calon gubernur untuk Pilkada DKI 2024. Hasil aspirasi ini disebut sebagai hasil "Rembul Rakyat Jakarta". 

Ada sembilan nama yang ditawarkan PSI kepada warga Jakarta dalam Rembuk Rakyat Jakarta 2023 ini, antara lain Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie Lolisa, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

BERITA TERKAIT:
Delapan Partai Lolos Melenggang ke Senayan, PDIP Paling Moncer PPP-PSI Gagal
Video Jemput Prabowo Viral, Nana Sudjana: Kagiatan Protokoler
PSI Resmi Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024
Mahfud MD Minta Semua Pihak Hargai Keputusan MK
Kaesang Jatuhkan Sanksi pada Ade Armando karena Suka Cela Parpol Lain

Ada pula, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Dudung Abdurachman, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Komjen Fadil Imran, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Dan sampailah kita pada saatnya kami PSI Jakarta mengumumkan hasil dari Rembuk Rakyat yang dilakukan oleh PSI Jakarta, yang sudah kami laksanakan dari bulan lalu, dengan total jumlah partisipan sebanyak 11.160 voters," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina di Kantor DPW PSI Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2023).

Hasilnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menduduki posisi tertinggi hasil Rembuk Rakyat Jakarta PSI dengan perolehan suara 26,13 persen, disusul Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (16,77 persen), Grace Natalie berada di posisi ketiga dengan 15,78 persen suara.

Posisi keempat, ada Ridwan Kamil (15,20 persen), kelima ada Mensos Tri Rismaharini (13,07 persen), lalu ada nama Dudung Abdurachman (8,85 persen), Bima Arya (1,88 persen), M Fadil Imran (1,35 persen), terakhir ada nama Ahmed Zaki Iskandar yang memperoleh 0,97 persen suara hasil Rembuk Rakyat PSI.

Elva menjelaskan, hasil Rembuk Rakyat Jakarta yang dilakukan PSI Jakarta ini akan diserahkan ke DPP. Elva berharap hasil Rembuk Rakyat Jakarta ini ke depan dapat menjadi acuan bagi partai politik (Parpol) lain untuk mengusung cagubnya.

"Memang yang kami lakukan bukan hanya vote secara ulang, tapi juga turun langsung nyamperin masyarakat," kata dia.

***

tags: #psi #calon gubernur #pilkada dki jakarta #gibran rakabuming raka

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI