Lestarikan Musik Tradisional, Polres Jepara Gelar Lomba Tongtek

Tongtek menjadi wadah dan ajang kreativitas bagi para pemuda dan masyarakat.

Minggu, 25 Juni 2023 | 11:15 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jepara - Belasan peserta dari perwakilan Polsek di jajaran Polres Jepara antusias mengikuti lomba tongtek. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya ikut melestarikan alat musik tradisional yang mulai dilupakan masyarakat di era modern seperti sekarang.

KaPolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan bahwa lomba tongtek diikuti 16 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing Polsek di jajaran Polres Jepara.
 
"Lomba alat musik tongtek ini, sebagai sebagai wujud perhatian dan usaha kami dalam menjaga serta melestarikan kesenian tradisional," katanya saat membuka acara lomba tongtek di halaman MaPolres Jepara, Sabtu (24/6/2023).
 
Sebagai informasi, tongtek merupakan alat musik tradisional dari kentongan bambu yang digunakan untuk membangunkan warga di bulan Ramadhan. Sedangkan peralatan yang digunakan juga sangat sederhana, mulai dari kentongan bambu hingga kaleng bekas dengan berkeliling mengitari kampung, desa maupun kota.
 
"tongtek juga menjadi wadah dan ajang kreativitas bagi para pemuda dan masyarakat untuk membantu tugas Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif," ujarnya.
 
Salah satu perwakilan peserta lomba tongtek dari Desa Senenan, Kecamatan Tahunan, Saiful Arif mengucapkan, terima kasih atas terselenggaranya lomba tongtek dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77.
 
Sementara itu, AKP Sri Retno Biyanti selaku Ketua Seksi Lomba menjelaskan ada beberapa ketentuan dan kriteria penilaian dalam lomba tongtek tradisional kali ini.
 
Di antaranya terkait alat musik yang digunakan, mulai dari kentongan, rebana jidur, angklung atau gamelan, jumlah peserta dalam satu tim sebanyak 10-20 orang, durasi waktu tampil 10 menit dan tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik. Disamping itu, kriteria penilaian lomba antara lain keindahan alunan tongtek, kreativitas, penampilan, koreografi dan kostum.
 
Sementara yang mendapatkan juara I perwakilan dari Polsek Tahunan, juara II dari Polsek Jepara Kota dan juara III dari Polsek Kembang. Sedangkan juara harapan I perwakilan dari Polsek Nalumsari, juara harapan II dari Polsek Batealit dan juara harapan III dari Polsek Mlonggo.

BERITA TERKAIT:
Razia Kos-kosan di Jepara, Tiga Pasangan Mesum Diamankan 
Geber Knalpot Brong Hingga Pesta Miras, Sejumlah Remaja Diamankan Tim Siraju Polres Jepara
Malam Minggu, Sejumlah Pemuda Diringkus Aparat Polres Jepara karena Asyik Pesta Miras
Polres Jepara Bekuk Dua Tersangka Pemilik Sabu-sabu 
Polres Jepara Bekuk Kurir Narkoba, Ternyata Mantan Napi Nusakambangan  

***

tags: #polres jepara #hari bhayangkara #tongtek

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI