Kementan Turunkan Tim Pemantauan Ternak untuk Jamin Kesehatan Hewan Kurban

Tim ini juga akan bertugas di wilayah Jabodetabek mulai dari tempat penjualan hewan kurban hingga pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Senin, 26 Juni 2023 | 04:08 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta -  Kementerian Pertanian (Kementan) menurunkan tim pemantauan hewan kurban menjelang Idul Adha 1444 Hijriah. Langkah ini sebagai bentuk tanggung jawab menjamin bahwa hewan yang dikurbankan merupakan hewan yang sehat.

“Pada pelaksanaan Pemotongan hewan kurban kali ini, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menurunkan 240 petugas pemantau hewan kurban yang berasal dari Kantor Pusat Kementerian Pertanian dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Ditjen PKH,” ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah dikutip, Senin (26/6/2023).

BERITA TERKAIT:
Jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Ribuan Petugas Diterjunkan untuk Memeriksa Hewan Kurban
Lepas Petugas Haji, Bupati Boyolali: Bekerjalah dengan Hati
Usai Laka di Batang, Pemudik asal Tangerang Berhenti di Semarang Minta Pertolongan Petugas Pos Pam
Puluhan Petugas Pemilu Meninggal, Pj Gubernur Jateng Berharap Hal Itu Tak Terulang di Pilkada 2024
Lapas Semarang Gelar Safari Ramadhan dan Buka Puasa Bersama PK Ahli Utama

Dijelaskan Nasrullah, tim ini bertugas untuk memastikan proses pemotongan memenuhi standar higiene sanitasi, serta produk yang dihasilkan memenuhi standar Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Tim ini akan bertugas di wilayah Jabodetabek mulai dari tempat penjualan hewan kurban hingga pelaksanaan pemotongan hewan kurban khususnya di luar RPH,” lanjut Nasrullah.

Menurutnya, berdasarkan data sementara yang terkumpul total tim pemantau hewan kurban, yang meliputi tenaga medik dan paramedik veteriner di Indonesia saat ini ada sebanyak 9.384.

Dari jumlah tersebut meliputi 6.385 petugas Dinas dan 2.759 petugas yang berasal Universitas.

***

tags: #petugas #hewan kurban #kementan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI