YouTuber Ini Hampir Jadi Korban Hilangnya Kapal Selam Wisata Titanic yang Tewaskan Lima Orang 

Jake Koehler yang memiliki 13,5 juta subscriber di channel Youtube-nya memfilmkan Misi ke-3 dengan Ekspedisi OceanGate.

Senin, 26 Juni 2023 | 10:40 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – Youtuber ini menceritakan kisahnya hampir menjadi korban dalam hilangnya kapal selam Wisata bangkai Titanic. Pria bernama Jake Koehler ini mengaku tak jadi turut dalam perjalanan Wisata menjelajahi bangka kapal yang melegenda itu. 

Jake Koehler yang memiliki 13,5 juta subscriber di channel Youtube-nya memfilmkan Misi ke-3 dengan Ekspedisi OceanGate. Sebelum perjalanan Misi 5 pada minggu lalu yang berakhir kehilangan kontak dan kapal ditemukan meledak.

BERITA TERKAIT:
Ragam Pariwisata di Jepara, Mulai Wisata Sejarah hingga Kulineran 
Eksplor Keindahan Wonosobo Saat Mudik Lebaran: Menikmati Pesona Destinasi Wisata Baru
Sejumlah Sektor Wisata di Solo Tutup di Awal Ramadan
Sedekah Bumi di Jepara Didorong Jadi Ikon Pariwisata Desa 
Gebyuran Bustaman Digelar, Didorong Jadi Destinasi Wisata Tahunan 

Pada hari Kamis (20/6/2023), waktu setempat, puing-puing dari kapal selam ditemukan. Kecurigaan terbukti bahwa kapal mengalami ledakan dahsyat setelah kehilangan kontak dan menewaskan kelima penumpang di dalamnya.

Dalam video berdurasi 26 menit, Jake memperlihatkan dirinya dan pacarnya, Kyndall, menaiki kapal yang lebih besar untuk ekspedisi sembilan hari. Dalam video tersebut juga tampak ahli kelautan Paul-Henri Nargeolet atau yang populer dijuluki Mr. Titanic yang ikut tewas dalam tragedi itu.

Saat mereka mendekati lokasi Titanic, Jake menggambarkan bahwa cuaca buruk untuk menyelam. Mereka pada saat itu berusaha menunggu selama beberapa hari di permukaan atas sampai akhirnya batal melihat bangkai kapal Titanic.

"Lihatlah, cuacanya tidak cerah, semakin buruk dan Stockton Rush (pendiri OceanGate) memutuskan untuk menghentikannya," kata Jake.

Pendiri perusahaan kapal selam OceanGate itu juga ikut tewas dalam tragedi tersebut. Dan Jake turut prihatin atas kejadian tersebut sekaligus ia bersyukur masih diberikan nasib baik.

"Memikirkan itu gila, tetapi jika cuaca cerah dan kondisinya sempurna, dan Stockton menatap saya dan berkata, 'ada tempat di kapal selam, apakah Anda ingin pergi?' Melihat ke belakang, saya akan melakukannya, saya akan berada di kapal selam itu dan nasib saya bisa saja seperti lima orang yang kehilangan nyawa mereka baru-baru ini di Misi 5," ungkap Jake.

Mereka kemudian naik ke daratan dengan kondisi aman dan sehat. "Jika penyelaman saya tidak dibatalkan, bisa saja saya yang berada di dalam kapal selam itu hari ini," ungkapnya di media sosialnya.

Jake pun menceritakan bahwa ada saja masalah-masalah yang sepertinya dianggap kecil oleh tim OceanGate. Mulai dari jaring yang melilit di kapal seram dan merusak beberapa bagian hingga pengontrol motor di dalam kapal yang tidak berkomunikasi secara konsisten.

"Tebakan kalian seperti tebakanku. Saya tidak terlalu yakin persis apakah ini alasan utama mengapa insiden tragis itu terjadi dan semua orang kehilangan nyawa tapi bisa apa saja terjadi," kata Jake.

***

tags: #wisata #youtuber #hilang kontak #kapal selam #titanic

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI