Gelar Bengkel Literasi di Banyumas, BBPJT Harap Ada Peningkatan Minat Baca dan Wawasan Warga

Oleh karena itu, program literasi merupakan salah satu dari tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

Kamis, 06 Juli 2023 | 15:50 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Banyumas - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) menggelar Bengkel Komunitas Penggerak Literasi di Kabupaten Banyumas, pada pekan lalu, di Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan D’Garden Hall & Resto. 

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan literasi guna mendorong dan memperkuat minat baca serta pemahaman akan pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan itu dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai komunitas literasi dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Banyumas.

BERITA TERKAIT:
Sebanyak 13 Permasalahan Ditemukan di Sejumlah TPS Banyumas
Polisi Ringkus Enam Anggota Gengster Pelaku Penganiayaan di Lumbir Banyumas
Sebuah Mortir Ditemukan di Sawah Desa Kembaran Banyumas
Koordinator Lapangan Satgas PDIP Ganjar-Mahfud Banyumas, Susanto "Optimis Paslon No 3 Akan Menang Pemilu 2024
Terlibat Tawuran di Jalan Lingkar Sumpiuh Banyumas, 19 Pelajar Diamankan Polisi

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr Syarifuddin MHum menyatakan bahwa Bengkel Komunitas Penggerak Literasi ini merupakan wujud nyata komitmen Balai Bahasa untuk memperkuat budaya membaca dan menulis. Oleh karena itu, program literasi merupakan salah satu dari tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 

“Selain memberikan wawasan dan keterampilan baru, kegiatan bengkel ini diharapkan dapat mendorong semangat kolaborasi dan perubahan positif dalam budaya literasi di masyarakat," ujar Syarifuddin, dalam keterangan tertulis, Rabu (5/7).

Syarifuddin berharap Bengkel Komunitas Literasi di Kabupaten Banyumas tersebut akan menjadi titik awal bagi perubahan yang lebih luas dalam meningkatkan minat baca dan pengetahuan literasi di Jawa Tengah. 

“Dengan komitmen yang kuat, komunitas literasi dan TBM diharapkan dapat menciptakan generasi masa depan yang berwawasan luas, kritis, dan siap menyongsong masa depan dengan tantangan yang semakin kompleks,” katanya.

Sementara itu, Koordinator KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dian Respati Pranawengtyas MPd menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan mendorong peserta untuk mengembangkan keterampilan menulis kreatif, memperkuat manajemen komunitas, dan membangun kesadaran pegiat literasi tentang kolaborasi antarkomunitas serta jaringan sosial. 

“Para peserta terlibat dalam berbagai sesi diskusi hingga ceramah inspiratif perihal manajemen dan praktik baik dalam komunitas literasi, mempelajari literasi dasar, membaca dan menulis untuk kecakapan hidup, serta meningkatkan kemampuan menulis kreatif nonfiksi berdasarkan hasil bacaan,” terangnya. 

Peserta juga memperoleh materi tentang pengelolaan buku dan perpustakaan komunitas, penyusunan program kegiatan kreatif yang menginspirasi, serta pengevaluasian rancangan program kegiatan komunitas literasi. Selain itu, di sela-sela kegiatan, peserta mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam membangun budaya literasi yang kreatif serta berkelanjutan di masyarakat.

***

tags: #banyumas #bbpjt #bengkel literasi #taman bacaan masyarakat

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI