Pastikan Perpindahan Jemaah Haji ke Madinah Berjalan Lancar, PPIH Siapkan 200 Armada Bus

PPIH memastikan perpindahan jemaah dengan bus bisa berjalan lancar.

Selasa, 11 Juli 2023 | 14:52 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Makkah – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan sebanyak 200 armada bus untuk membawa jemaah haji gelombang kedua dari Makkah ke Madinah. Hal tersebut dilakukan demi kelancaran perpindahan jemaah haji dan mencegah keterlambatan.

Kepala sektor 6 Daker Makkah PPIH Arab Saudi Abdul Haris berharap tidak ada keterlambatan dalam pengangkutan jemaah karena terkait dengan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. "Kami berharap jemaah tetap bisa melakukan ibadah ibadah sunnah di Madinah," ujar Abdul Haris dikutip, Selasa (11/7/2023).

BERITA TERKAIT:
Pastikan Perpindahan Jemaah Haji ke Madinah Berjalan Lancar, PPIH Siapkan 200 Armada Bus
Balik Gratis, Polda Jateng Berangkatkan 500 Orang ke Jakarta Pakai 10 Bus
Bank Jateng Sediakan 65 Armada Bus dan Empat Gerbong Kereta Api untuk Mudik ke Jawa Tengah
Jika Lelah Beristirahatlah
Diduga Terkait Korupsi Asabri, Jaksa Sita 17 Armada Bus di Boyolali

Sementara itu, Kasie Transportasi Asep Subhana Subandi menjelaskan, pada hari pertama, Senin (10/7/2023) pergeseran jemaah dari Makkah ke Madinah akan melibatkan 200 armada bus.

"Jumlah tersebut untuk mengangkut 20 kloter yang dimulai sejak pagi. Sedangkan pagi ini ada 5 kloter yang sudah diangkut," kata Asep Subhana kepada Media Center Haji di Makkah.

Asep memastikan perpindahan jemaah dengan bus bisa berjalan lancar, kalau ada antrean lebih karena keterbatasan parkir di area penjemputan. Sehingga kloter yang berdekatan harus menunggu sejenak sampai bus depan selesai menggangkut jemaah.

Seperti jemaah JKS 39 dan JKS 40. Harus bergantian karena area parkir terbatas. Antrean itu mungkin sedikit menghambat keberangkatan sekitar 1 jam dari jadwal keberangkatan.

"Selebihnya tidak ada. Tapi InsyaAllah nanti di Madinah tidak ada kendala," tambah Asep Subhana.

Ditambahkan Asep, untuk koper tidak semuanya berangkat bersama jemaah. Koper besar diangkut terpisah dengan bantuan kargo. Sedangkan koper jinjing atau kabin diangkut bersamaan dengan bis pengangkut jemaah.

Asep memastikan koper akan terkirim sesuai dengan kloter dan hotel jemaah. "Jika mungkin ada kendala mungkin saat penurunan karena kondisi lobi hotel yang sempit sehingga ada sedikit kendala" ungkap Asep.

***

tags: #armada bus #jemaah haji #makkah #madinah #ppih

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI