Peternak Boyolali Diimbau Waspadai Penularan Antraks

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali meminta para peternak dan pedagang tidak memperjualbelikan hewan ternak yang sedang sakit.

Selasa, 11 Juli 2023 | 18:22 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali - Para peternak di wilayah Boyolali, Jawa Tengah, diimbau mewaspadai penularan penyakit antraks menyusul temuan kasus antraks di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Imbauan itu disampaikan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali Afiyani Rifdania, pihaknya telah menggiatkan sosialisasi tentang bahaya penyakit antraks dan larangan memotong hewan yang terserang antraks.

BERITA TERKAIT:
Beternak Itu Menyenangkan. Begini Kiat Praktisi Hewan untuk Peternak Pemula
Insiden Sapi Kurban Ngamuk di Bandar Lampung, Tendang Warga hingga Muntah Darah
Nahas! Terjerat Tali Pengikatnya, Sapi Kurban di Rembang Mati Sebelum Disembelih 
Ini Dia Sapi Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp65 Miliar
Rayakan Idul Adha Bersama, Gereja Katedral Kurban Sapi ke Masjid Istiqlal 

Afiyani mengingatkan warga untuk tidak membeli daging hewan ternak yang sudah mati sebelum disembelih karena ada kemungkinan dagingnya mengandung bibit penyakit yang bisa membahayakan kesehatan.

Ia juga menyampaikan pentingnya memperhatikan kondisi hewan, asal hewan, dan dokumen kesehatan hewan saat membeli ternak di pasar hewan.

"Jika ternak dari daerah wabah jangan dibeli meski harganya murah," katanya, Senin (10/7/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dinas sudah menyebarluaskan surat kewaspadaan terhadap penularan antraks kepada para peternak dan pedagang besar hewan ternak yang biasa memasukkan ternak dari luar daerah ke Boyolali.

"Kami sudah memohon agar tidak mengambil hewan ternak dari daerah wabah antraks," kata Afiyani di Boyolali, Senin.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali meminta para peternak dan pedagang tidak memperjualbelikan hewan ternak yang sedang sakit serta membatasi lalu lintas pengiriman hewan ternak guna mencegah penularan antraks, penyakit hewan yang bisa menular ke manusia.

Afiyani mengatakan bahwa dinas juga melakukan surveilans epidemiologi terstruktur di daerah-daerah yang belum dinyatakan bebas dari penularan antraks seperti Kecamatan Klego, Andong, Simo, dan Ampel.

"Kami mengambil sampel dari dari tanah setahun dua kali, juga melakukan vaksinasi antraks, untuk tahun ini mendapatkan alokasi (vaksin) sebanyak 2.000 dosis, yang akan diberikan ke ternak di daerah endemis," katanya.

"Kami juga meningkatkan biosecurity, disinfeksi pasar-pasar hewan, dan melakukan pengawasan ketat pada lalu lintas pengiriman hewan," katanya.

Menurut data pemerintah daerah, populasi hewan ternak di Kabupaten Boyolali pada tahun 2023 antara lain meliputi 60.704 sapi perah, 99.777 sapi potong, 938 kerbau, 91.851 kambing, dan 50.885 domba.

***

tags: #sapi #peternak #boyolali #antraks

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI