Bawaslu Usul Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Ditunda 

Dia mencontohkan apabila ada gangguan keamanan di suatu daerah, polisi berpotensi kesulitan mendapatkan bantuan dari pasukan di daerah lain

Minggu, 16 Juli 2023 | 09:04 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Bawaslu RI mengusulkan agar KPU dan pemerintah membahas opsi penundaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Menurut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, opsi penundaan Pilkada Serentak 2024 patut dibahas karena pelaksanaannya beririsan dengan Pemilu 2024 dan ada pula potensi terganggunya keamanan serta ketertiban.

BERITA TERKAIT:
Sebanyak 13 Permasalahan Ditemukan di Sejumlah TPS Banyumas
Amankan Demo di Bawaslu-KPU, Polisi Kerahkan 1.978 Personel
113 TPS di Kabupaten Magelang Sempat Mengalami Kekurangan Surat Suara
Nana Sudjana Pantau Posko Pengamanan Pemilu dan Pastikan Situasi Masih Kondusif
Terendam Banjir, Belasan TPS di Tangsel Lakukan Pencoblosan Susulan Minggu Depan

"Kami khawatir sebenarnya pemilihan (pilkada) 2024 ini karena pemungutan suara pada November 2024, yang mana Oktober 2024 baru pelantikan presiden, tentu dengan menteri dan pejabat yang mungkin berganti. Oleh karena itu, kami mengusulkan sebaiknya membahas opsi penundaan pemilihan (pilkada) karena ini pertama kali serentak," ujar Bagja.

Dia mencontohkan apabila ada gangguan keamanan di suatu daerah, polisi berpotensi kesulitan mendapatkan bantuan dari pasukan di daerah lain karena daerah lain juga menyelenggarakan pilkada.

"Kalau sebelumnya, misalnya, pilkada di Makassar ada gangguan keamanan, bisa ada pengerahan dari polres di sekitarnya atau polisi dari provinsi lain. Kalau Pilkada 2024, tentu sulit karena setiap daerah siaga menggelar pemilihan serupa," ujarnya.


 

***

tags: #bawaslu #kpu #pemilu #pilkada serentak #2024

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI