Jokowi Dipastikan Lantik Pejabat Kabinet Besok, Salah Satunya Menkominfo Pengganti Johnny G Plate

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara,"

Minggu, 16 Juli 2023 | 21:27 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melantik sejumlah pejabat kabinet besok, Senin (17/7) di Istana Negara. Hal ini telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Deputi Bidang Protokol, Pres, dan Media Sekretarian Presiden Bey Machmudin. 

"Benar, besok pagi akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden. Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok bersama di Istana Negara," ujar Bey dalam keterangannya. 

BERITA TERKAIT:
Imbas PDN Diretas, Jokowi Evaluasi Menteri Budi
Jokowi Ultah ke-63, Ngantor seperti Biasa Saja dan Tak Ada Perayaan 
Muncul Wacana Korban Judi Online Dapat Bansos, Jokowi: Nggak Ada 
Presiden RI Dijadwalkan Lakukan Kunjungan Kerja ke Klaten Hari Ini
Salat Ied di Simpanglima Semarang, Presiden Serahkan Kurban Sapi Seberat 1,25 Ton

Meski begitu dirinya belum dapat memastikan pukul berapa pelantikan dimulai. 

Salah satu sumber menyebut bahwa salah satu pejabat yang akan dilantik adalah Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Budi Arie adalah salah satu petinggi relawan Jokowi yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sedangkan posisi Wamendes yang ditinggalkan oleh Budi kelak akan digantikan oleh Paiman Raharjo.

Posisi Menkominfo saat ini dijabat sementara oleh Menko Polhukam Mahfud MD setelah Johnny G Plate dinonaktifkan karena tersangkut kasus korupsi proyek BTS dan infrastruktur BAKTI di Kominfo.

Budi Arie tak mengiyakan kabar tersebut saat dikonfirmasi terpisah.

"Kami menunggu pengumuman dari Presiden. Karena itu hak prerogratif Presiden," ujar Budi melalui pesan singkat.

Selain Menkominfo, Jokowi juga bakal melantik sejumlah pejabat baru, yakni WaMenkominfo Nezar Patria, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Wamen BUMN Rosan Roeslani, serta Wantimpres Djan Farid dan Gandi Sulistiyanto.

***

tags: #jokowi #melantik #kabinet #menkominfo #budi arie setiadi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI