Viral Biaya Seragam Sekolah Negeri di Tulungagung Capai Rp2,3 Juta, Warganet: Berasa Collab Sama Balenciaga

Biaya itu mencakup seluruh seragam, jas almamater, hingga atribut seperti ikat pinggang dan tas.

Sabtu, 22 Juli 2023 | 10:35 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Media sosial kini tengah dihebohkan dengan biaya seragam salah satu sekolah negeri yang berada di Tulungagung, Jawa Timur. Hal ini tak lain karena total biaya pembelian seragam di sekolah tersebut mencapai Rp2,3 juta.

Potret rincian biaya pembelian yang diunggah akun Fecebook Triyatni Martosenjoyo itu kini viral di media sosial belum lama ini. Dalam postingannya, ia mengeluhkan mengapa banyak sekali uang yang harus dikeluarkan untuk membeli seragam.

BERITA TERKAIT:
Di Tulungagung Atikoh Selawatan Bareng Ribuan Buruh Perempuan
Kepala SMAN 1 Kedungwaru Dinonaktifkan karena Aduan Biaya Seragam Terlalu Mahal 
Biaya Seragam di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Mahal, Wali Murid: Kesannya Seperti Diwajibkan
Soal Biaya Seragam yang Viral Capai Rp2,3 Juta, Pihak Sekolah: Kami Hanya Bagikan, Semua dari Provinsi
Viral Biaya Seragam Sekolah Negeri di Tulungagung Capai Rp2,3 Juta, Warganet: Berasa Collab Sama Balenciaga

"Sampai hari ini saya tidak mengerti mengapa begitu banyak uang yang harus dihabiskan untuk membeli pakaian seragam. Apa lagi tidak ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan jumlah pakaian seragam yang begitu banyak. Terlalu banyak kontraktor pakaian seragam yang berada di sekitar pejabat pendidikan kita," tulisnya, dikutip Sabtu (22/7/2023).

Dalam foto yang diunggah, tampak rincian biaya pembelian seragam yang totalnya mencapai Rp2.360.000. Biaya itu mencakup seluruh seragam, jas almamater, hingga atribut seperti ikat pinggang dan tas.

Berikut rincian biayanya:

- 1 stel abu-abu putih Rp 359.400
- 1 stel pramuka Rp 315.850
- 1 stel batik Rp 383.200
- 1 stel khas Rp 440.550
- 1 jas almamater Rp 185.000
- 1 kaos olahraga Rp 130.000
- 1 ikat pinggang Rp 36.000
- 1 Tas Rp 210.000
- 1 atribut Rp 140.000
- 1 jilbab Rp 160.000

Foto tersebut lantas viral hingga ke Twitter dan menuai berbagai komentar. Belakangan diketahui bahwa itu merupana biaya seragam di SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung.

Salah satu yang menjadi sorotan yakni harga jilbab yang mencapai Rp160.000. Beberapa warganet yang mengaku salah satu siswa di sana mengatakan bahwa Rp160.000 merupakan harga untuk 5 jilbab, bukan hanya 1.

Yang lain menyatakan bahwa harga seragam tersebut masih berupa kain, dan harus dijahit dengan biaya masing-masing.

"Buset itu jilbab nya jilbab apaa," kata akun @jev***.

"jilbab 160k pasti dibuat dari serat emas 25 karat asli dari palung mariana dan dilapis kristal swarovski," imbuh akun @koo***.

"dan itu belom dijahit kan? masih dikasih kain doang wkwkwkwk kapitalis a*g," ujar @wonz***.

"Btw, itu SMA di daerah gw. Salah satu SMA "Terbaik" (katanya) di kota gw. Tapi ya harga seragam segitu udah berasa collab sama Balenciaga anjir. Lu pake seragam aja udah bisa masuk konten "Berapa harga outfit lo?"," tulis akun @haru***.

"hi aku alumni sekolah itu, sekolah favorit di kotaku, mau meluruskan jilbab 160k itu dpt 5 biji ya!! sedih banget ini rame sampe lamtur padahal emang di sini harga segitu, sekolah lain juga gitu dan emang cuman dpt kain yg harus dijahit sendiri," ungkap akun @b00***.

***

tags: #tulungagung #seragam #viral di media sosial #jilbab

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI