Setelah Khofifah Tolak dengan Halus, Kini Muncul Sosok Terkuat Cawapres Anies Baswedan 

Kalau ditanya AHY (Ketua Umum Partai Demokrat AgusHarimurtiYudhoyono) berpeluang (jadi CawapresAnies), sangat besar,"

Jumat, 28 Juli 2023 | 10:53 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Satu lagi nama cawapres terungkap mendampingi Capres Anies Baswedan. Sebelumnya ada nama-nama Khofifah Indar Parawansa namun secara halus Khofah menolak tawaran tersebut. 

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan bahwa mengatakan peluang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjadi cawapres Anies sangat besar.

BERITA TERKAIT:
PDIP Pertimbangkan Anies Maju di Pilgub DKI 2024 
Anies Ingin Rehat Usai Rangkaian Pilpres 2024 
Ditanya Kemungkinan Gabung ke Pemerintahan Prabowo-Gibran, Ini Jawaban Anies 
Hadir di Penetapan Prabowo-Gibran, Anies: Ini adalah Proses Bernegara  
Pascapengumuman KPU, Tim Hukum AMIN Resmi Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Makanya kita tidak pernah mau berbicara tentang AHY. Kalau ditanya AHY (Ketua Umum Partai Demokrat AgusHarimurtiYudhoyono) berpeluang (jadi CawapresAnies), sangat besar," katanya Minggu (23/7/2023).

Namun Ahmad Ali menyerahkan semua pada Anies tentang sosok cawapres yang nanti dipilihnya. Anies menurutnya tentu punya pertimbangan siapa sosok cawapres yang akan menemaninya bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

"Kita konsisten untuk memberikan mandat itu kepada Anies Baswedan untuk memilih siapa cawapresnya. Namun kewenangan yang diberikan dan siapa yang ditunjuk itu harus bisa dijelaskan secara empiris, secara saintifik mengapa memilih seseorang," tuturnya.

Soal ini, AHY pun angkat suara mengenai cawapres yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan. Namun ia tegaskan akan menyerahkan hal ini kepada Calon Presiden 2024 Anies Baswedan.

AHY dan Anies diketahui nonton bareng pertandingan antara Timnas Indonesia versus Vietnam di Sentul, Bogor, Jawa Barat, hari ini Sabtu (22/7/2023). Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan juga hadir untuk menonton Timnas Indonesia versus Vietnam.

Ketua Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menjelaskan, Anies dan AHY tampak antusias dan tidak sabar ingin menyaksikan hasil akhir dari laga hari ini.

"Kita semua menunggu, prestasi apa lagi yang bakal ditorehkan oleh timnas Indonesia. Apalagi, ada atlet-atlet binaan Pak SBY dan Mas AHY dari LaVani yang ikut menjadi tulang punggung timnas Indonesia," kata Herzaky.

Khofifah sendiri sejauh ini ketika ditanya mengenai kemungkinan untuk mendampingi Capres, menyatakan dirinya masih ingin bekerja sebaik mungkin untuk menyejahterakan rakyat Jawa Timur.

"Opose, opose rek? Aku iki wis pokoke tak kerja sebaik-baiknya (Apa sih rek? Aku ini pokoknya kerja sebaik-baiknya)," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Kamis (27/7/2023).

Ditanya tentang langkah politiknya di 2024, Khofifah tidak membeberkan secara terang-terangan apakah dia akan mencalonkan diri lagi sebagai calon gubernur (cagub) atau maju sebagai cawapres. Dia lebih memilih fokus untuk menyelesaikan masa jabatannya sebagai gubernur Jatim yang akan habis pada akhir tahun 2023 ini.

"Pokoknya saya kerja sebaik-baiknya," tegasnya.
 

***

tags: #anies baswedan #cawapres #ahy #demokrat #nasdem

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI