Tiga Nama Ini Diusulkan DPRD jadi Pj Gubernur Jawa Tengah

"Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD Jawa Tengah dan Ketua Fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut,"

Senin, 07 Agustus 2023 | 13:26 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - DPRD Jateng mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah yang akan menggantikan Ganjar Pranowo. Ganjar sendiri akan habis masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September 2023.

Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto menyebut ketiga nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah tersebut adalah Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.
 
"Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD Jawa Tengah dan Ketua Fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut," kata Sumanto, Senin 7 Agustus 2023.

BERITA TERKAIT:
Prabowo Wacana Tambah Menteri Jadi 40 Jabatan, Ganjar Ingatkan Politik Akomodasi  
Ganjar Pranowo Deklarasi sebagai Oposisi Pemerintah: Saya Tak akan Gabung tapi Tetap Menghormati 
Ganjar Tak Diundang di Penetapan Prabowo-Gibran Hari Ini 
Ganjar Temui Megawati Pasca Putusan MK, Bahas Apa?
Ganjar Tegaskan akan Ikuti Putusan MK

Menurut Sumanto, DPRD Jateng telah mengirimkan ketiga nama calon Pj Gubernur Jawa Tengah itu ke Kemendagri. Politisi PDI Perjuangan tersebut menambahkan, pemilihan tiga nama itu berdasarkan atas kapabilitas yang mampu meneruskan program Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

“Kriterianya ketiga orang tersebut bisa melanjutkan program-program dari Pak Gubernur Jateng. Dan itu sudah kami usulkan ke Kemendagri,” paparnya. 

Selanjutnya, nama tersebut akan ditindaklanjuti dan menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan persetujuan menjadi Pj Gubernur Jateng. 

Pemilihan Pj Gubernur berdasarkan Permendagri No 4 Tahun 2023. Tercantum pada Pasal 2, yakni untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemerintah menunjuk Pj Gubernur untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan pada daerah tersebut sampai dengan pelantikan gubernur dan/atau wakil gubernur definitif. 

Sebagai informasi, salah satu kandidat Pj Gubernur Jateng, Hasto Wardoyo merupakan mantan Bupati Kulonprogo. Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi Kepala BKKBN pada Juli 2019 silam. 

Sementara itu, Tony Tribagus Spontana memiliki sepak terjang karier pada bidang hukum. Tony mengawali kariernya sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI pada tahun 2014. Kemudian ia menjadi Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI pada tahun 2020 silam.

Sedangkan Sumarno merupakan ASN yang telah lama berkarir di Pemprov Jateng. Sebelum menjabat Sekda Jateng, ia menjadi Kepala BPKAD Jateng. 

***

tags: #ganjar pranowo #dprd jateng #gubernur jawa tengah #sumanto #ketua dprd jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI