Berlangsung Meriah, Festival Benawi Sonten di Sragen Bakal Jadi Agenda Tahunan

Ke depan festival akan digelar lebih meriah dengan skala lebih luas.

Selasa, 08 Agustus 2023 | 17:28 WIB - Budaya
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Sragen - Festival Benawi Sonten yang digelar di Pendopo Alit komplek Makam Butuh, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Selasa (8/8/2023) berlangsung meriah. Festival dalam rangka menjaga tradisi lisan dan kearifan lokal ini rencananya akan dijadikan agenda tahunan sebagai salah satu daya tarik wisata.

Festival Benawi Sonten terselenggara dari hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Pemkab Sragen. Dibuka oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, festival ini akan berlangsung selama beberapa hari ke depan.

BERITA TERKAIT:
Ratusan Pendukung Ganjar-Mahfud Padati Panti Marhaen untuk Nobar Debat Kelima Pilpres 2024 
Tim TPD Jateng Targetkan Ganjar-Mahfud Raih 80 Persen Suara di Karanganyar
Hadirkan Hasto dan Siti Atiqoh, TPD Ganjar-Mahfud Jateng Perkuat Ikatan dengan Genzi dan Perempuan
Usai Nobar Debat Capres, Ketua TKD Jateng Agustina Wilujeng Yakin Ganjar-Mahfud Bakal Menangi Pilpres 2024
Agustina Wilujeng Bacakan Ikrar Pemenangan Ganjar-Mahfud di Jateng

Bupati Yuni mengatakan bahwa Festival Benawi Sonten ini akan dijadikan agenda tahunan sebagai salah satu daya tarik wisata. Ke depan festival akan digelar lebih meriah dengan skala lebih luas.

"Ke depan kita harus kerjasama dengan biro-biro wisata agar Festival Benawi Sonten bisa jadi salah satu destinasi paket wisata yang dijual," ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustuna Wilujeng Pramestuti sangat mendukung Festival Benawi Sonten menjadi salah satu wisata andalan di Sragen.

"Kami mendukung festival seperti ini bisa digelar rutin dan jadi salah satu destinasi andalan Sragen. Jadi wisata bisa dijual satu paket dengan Solo, dimana Sragen sebagai salah satu daerah penyangga bisa mengandalkan berbagai obyek termasuk Sangiran atau festival semacam ini," ujarnya.

Wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini mengapresiasi antusias warga Sragen yang sangat besar dalam menyambut Festival Benawi Sonten. Guna meningkatkan festival agar lebih dikenal secara nasional, Agustina menggandeng Kemenparekraf dalam memberikan pelatihan para pelaku wisata setempat.

Harapannya warga lebih teredukasi terkait wisata sehingga lebih siap jika festival nantinya menjadi destinasi andalan yang didatangi wisatawan. 

"Jadi kami juga memberi pelatihan untuk warga. Kalau tingkat kunjungan wisatawan meningkat, otomatis perekonomian warga juga ikut meningkat," tandasnya. 

Selain Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustuna Wilujeng Pramestuti, festival ini turut dihadiri oleh perwakilan Keraton Surakarta Gusti Moeng, serta Caleg PDIP DPRD Provinsi Jawa Tengah, Wulan Purnamasari.

Festival Benawi Sonten menampilkan sejumlah gunungan berisi sayur mayur hasil bumi yang diperebutkan warga. Selain itu, juga dihiasi 'perang' air warna warni. 

Bupati dan jajaran ikut terlibat dalam tradisi perang air ini sampai basah-basahan. Air warna warni yang dipakai merupakan air yang diberi bahan pewarna yang biasa dipakai untuk membatik sebagai salah satu kerajinan andalan warga setempat.

***

tags: # agustina wilujeng pramestuti #sragen #festival benawi sonten #wisata #kusdinar untung yuni sukowati

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI