Lima Menteri Kesayangan Jokowi, Pak Bas "Si Paling Usil" Salah Satunya

Arti kesayangan disini yaitu bukan hanya memiliki kedekatan dan akrab namun juga posisi mereka selama ini terbilang "aman" tak tersentuh reshuffle. 

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 10:52 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Para menteri di Kabinet Indonesia Maju dipilih oleh Presiden Joko Widodo dengan pertimbangan matang sesuai dengan bidangnya. Mereka ditunjuk untuk memberikan kemajuan dalam bidang tertentu. 

Di Kabinet Indonesia 2019-2024 setidaknya ada 34 Menteri yang mengemban tugas membantu presiden. 

BERITA TERKAIT:
Tanggapan Jokowi Usai Diminta SYL Jadi Saksi untuk Ringankan Kasus Korupsinya
SYL Minta Jokowi, JK, Hingga Maruf Amien Bersaksi agar Ringankan Kasusnya
Jokowi Tegaskan Indonesia akan Perjuangkan Kemerdekaan Palestina 
Kenaikan UKT Dibatalkan, Mungkin Tahun Depan
Jokowi Sindir Ada Kementerian Punya 5.000 Aplikasi: Saking Kreatifnya

Menurut para pakar setidaknya ada empat menteri kesayangan Jokowi. Arti kesayangan disini yaitu bukan hanya memiliki kedekatan dan akrab namun juga posisi mereka selama ini terbilang "aman" tak tersentuh reshuffle. 

Siapa saja? 

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut BInsar Pandjaitan. 

Luhut memiliki kedekatan khusus dengan Jokowi. Selain faktor tersebut, Ujang menyebut Luhut merupakan politisi dan dapat dipastikan tidak akan terkena bongkar pasang menteri.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Menteri Keuangan Sri Mulyani walau bukan dari kalangan partai, namun posisinya aman. Banyak keputusan penting menyangkut keuangan negara yang dipasrahkan Jokowi pada Sri Mulyani

3. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin menyebut Basuki Hadimuljono alias Pak Bas adalah kesayangan Jokowi. Hal ini tak lain karena pembawaan Pak Bas yang cair dan usil. 

Bahkan semua menteri di Kabinet Indonesia Maju sudah paham dengan tingkah Pak Bas

"Sedangkan Sri Mulyani, Basuki, dan Sofyan Djalil walaupun mereka dari profesional aman. Sri Mulyani dan Basuki kesayangan Jokowi," ungkapnya. 

Pakar intelijen Stanislaus Riyanta juga mengatakan Menteri PUPR itu posisinya sangat aman, tidak tersentuh reshuffle kabinet.

"Basuki Hadimuljono sangat aman. Siapa sih yang meributkan Basuki? Saya kira tidak ada. Basuki mungkin satu-satunya menteri yang terhindar dari intrik politik. Dan orang yang mengkritik tajam Basuki, saya kira tidak ada. Saya belum pernah mendengar Basuki dikritik. Ia sangat aman. Paling aman," ujarnya. 

4. Menteri BUMN Erick Thohir

Sangat terlihat bahwa Erick Thohir adalah kesayangan Jokowi. Bagaimana tidak? Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai ketua panitia dalam rangkaian pernikahan si putra bungsu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono beberapa waktu lalu. 

Hal ini juga sempat disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

"Yang terhormat dan kita semua hormati, sahabat saya, saudara saya, Menteri BUMN Pak Haji Erick Thohir, menteri yang menurut lebah baganthong tadi itu, menteri yang disayang presiden," ujar Yaqut ketika memberikan sambutan dalam acara "Selawat Kebangsaan" memperingati Hari Santri di Kemayoran, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

***

tags: #jokowi #pak bas #basuki hadimuljono #menteri pupr #sri mulyani

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI