Megawati Usul KPK Dibubarkan, Selama Ini Berapa Uang Korupsi yang Dikembalikan ke Negara? 

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama pak Jokowi,’Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya tidak efektif.

Kamis, 24 Agustus 2023 | 13:04 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belum lama ini membuat geger lantaran usulannya agar KPK dibubarkan saja. Usulan tersebut ia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo. 

Pernyataan ini disampaikan Megawati ketika menjadi pembicara di acara Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka. Sebelum menyampaikan hal tersebut, dia sempat menyinggung mengenai rakyat yang masih miskin dan korupsi yang masih terus terjadi hingga sekarang.

BERITA TERKAIT:
Eks Dirut Pertamina Segera Disidang terkait Kasus Dugaan Korupsi Pembelian LNG
KPK Selidiki Kasus Dugaan Suap oleh Perusahaan Jerman kepada Oknum Pejabat Indonesia
Ali Fikri Pastikan Penyidik Tak Terlibat Kasus Pungli di KPK
Gubernur Maluku Utara Terjaring OTT KPK, Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum
Ingin RUU Perampasan Aset Koruptor Segera Disahkan, Ganjar: Ini Tuntutan Masyarakat

“Ayo kalian pergilah ke bawah, lihatlah rakyat yang masih miskin.Ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga. Bohong kalau nggak kelihatan. Persoalannya, penegak hukum mau tidak menjalankan hukum Indonesia ini yang sudah susah-susah saya buat KPK itu? Itu persoalannya,” ujarnya pada kesempatan tersebut.

Dalam keterangan selanjutnya, Megawati mengatakan secara terang-terangan bahwa dia pernah meminta Presiden Joko Widodo untuk membubarkan KPK yang ia dirikan pada masa jabatannya dahulu. Pasalnya, dia menilai jika kinerja KPK saat ini sudah tidak efektif lagi.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama pak Jokowi,’Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya tidak efektif. Ibu nek ngomong ces pleng,” ujar Mega di acara sosialisasi buku teks utama pendidikan Pancasila, di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin, 21 Agustus 2023.

Hal ini kemudian membuat sejumlah pertanyaan di benak publik, sebenarnya berapa besar uang korupsi yang berhasil disita KPK lalu diserahkan kepada negara? 

Sejak Januari - Mei 2023, KPK diketahui berhasil mengembalikan aset negara atau asset recovery senilai Rp 154,1 miliar. Hal itu merupakan aset hasil tindak pidana korupsi yang terjadi sejak dalam waktu lima bulan terakhir.

“Hingga Mei 2023, KPK telah menyelamatkan atau asset recovery sebesar Rp 154,10 miliar dari target Rp 141 miliar di tahun 2023,” ucap Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangan di Jakarta, Jumat 9 Juni 2023.

Sementara pada 2022, aset hasil tindak pidana korupsi yang berhasil dikembalikan KPK ke kas negara mencapai Rp 575,54 miliar. Angka ini meningkat sebesar Rp 158,8 miliar dari tahun sebelumnya, 2021.

***

tags: #kpk #dibubarkan #megawati soekarnoputri #pdi perjuangan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI