Pj Bupati Brebes Pimpin Apel Gelar Pasukan Sinergitas Pencegahan dan Penanganan Dampak El Nino

Kepada para nelayan, Urip juga mengimbau agar berhat-hati menambatkan kapal, jangan saling berdekatan.

Kamis, 24 Agustus 2023 | 20:45 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes- PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH memimpin Apel Gelar Pasukan Sinergitas dalam Pencegahan dan Penanganan Dampak El-Nino. Apel yang diikuti berbagai komponen masyarakat ini digelar di Islamic Center Brebes, Kamis (24/8/2023).

Menurut Urip, apel ini tidak hanya untuk kesiapan menghadapi El-nino seperti kekeringan, kebakaran hutan dan lahan saja tetapi apabila terjadi bencana apapun, semuanya untuk siap siaga,.

BERITA TERKAIT:
Pj Bupati Iwanuddin Iskandar Pimpin Upacara Hardiknas 2024
Akses Jembatan Gantung Merah Putih 3 Dibuka, Warga Dukuh Cisa'at tak lagi Terisolir
Alfamart Berpartisipasi di Pasar Murah Brebes
Pj Bupati Brebes : Safari Ramadan Bisa Jadi Ajang Bersilaturahmi dan Berbagi
Pangdam IV Diponegoro Tinjau Pembangunan Jembatan Gantung Desa Kutamendala

"Dari jajaran BPBD, TNI, Polri, dan relawan lainnya betul- betul siaga 1 untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Terkait El Nino, sepakat memenuhi kebutuhan air untuk kehidupan sehari-hari. Bila ada masyarakat yang membutuhkan air bersih, jangan segan-segan untuk melapor dan akan didroping sesuai dengan kebutuhan," ucap Urip.

Urip berpesan, agar masyarakat menahan diri jangan membakar lahan. Seumpamanya beranggapan membakar lahan untuk kesuburan tanah perlu dicermati lagi. Karena masih ada banyak cara untuk membuat kesuburan tanah. Lahan kering yang berdekatan dengan hunian, jangan sampai dibakar.

Kepada para nelayan, Urip juga mengimbau agar berhat-hati menambatkan kapal, jangan saling berdekatan. Cek dulu kondisi mesin agar jangan ada percikan api yang menimbulkan kebakaran kapal. 

“Selalu terapkan waspada dan saling menjaga diri, agar kita terhindar dari dampak El-Nino,” tandas Urip.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Brebes Nushy Mansur menjelaskan kalau jajarannya dalam menghadapi dampak El Nino sudah memulai mitigasi, sosialisasi di radiio, medsos dan kegiatan lainnya. 

Nushy berharap masyarakat menghendaki efesiensi dalam penggunaan air bersih dan menjaga sumber-sumber air bersih yang ada. Penggunaan utama air bersih untuk manusia, sedangkan untuk menyiram tanaman nanti dulu. Kondisi ini, bila benar-benar terjadi  adanya krisis air, 

“Kebutuhan air minum utamanya untuk manusia,” lanjut Nushy. 

Nushy menambahkan, pihaknya juga mengadakan monitoring di 17 kecamatan untuk memantau kebutuhan air diberbagai wilayah. Hingga saat ini sudah didistribusikan 300 ribu liter air yang terbagi, wilayah selatan, tengah, dan utara. 

“Kami tidak sendirian, tetapi bersinergi dengan stake holder yang memiliki kapasitas droping air seperti PDAM, PMI, dan Dinas Sosial, yang memilkki tangki air untuk suplai air bersih,” pungkas Nushy.
  
Turut hadir dalam apel, diantaranya Ketua DPRD dan jajaran Forkompinda Kabupaten Brebes, , Adm KPH Perhutani Balapulang, Adm KPH Perhutani Pekalongan Barat, para Kepala OPD Brebes dan undangan lainnya.

***

tags: #pj bupati brebes #urip sihabudin #apel gelar pasukan #kebakaran hutan #air bersih

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI