Petugas Lapas Kelas IIB Brebes melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada APAR yan berada  di lingkungan lapas setempat , Rabu (30//2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Petugas Lapas Kelas IIB Brebes melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada APAR yan berada di lingkungan lapas setempat , Rabu (30//2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Langkah Preventif Antisipasi Kebakaran, Lapas Brebes Rutin Cek APAR

Tujuannya untuk antisipasi sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:38 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes -  Lapas Kelas IIB Brebes, Kanwil Kemenkumham Jateng selalu melakukan pengecekan alat pemadam kebakaran ringan (APAR) secara rutin. 

APAR merupakan  alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Dalam rangka memastikan APAR dapat digunakan, petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada APAR di lingkungan Lapas Kelas IIB Brebes, Rabu (30//2023).

BERITA TERKAIT:
Kebakaran Hanguskan Kantor Sudin Kesehatan Jakpus
Kebakaran Hanguskan Gudang Perabotan di Jalan Tugu, Lima Orang Tewas
Kebakaran Hanguskan Enam Kios di Kawasan Terminal Kampung Rambutan
Kebakaran SPBU di Pati, Satu Orang Tewas Terjebak Dalam MobilĀ 
Kebakaran Hanguskan Sebuah Toko Elektronik di Jaktim, Kerugian Capai Rp150 Juta

Menurut Kalapas Kelas IIB Brebes, Isnawan, perawatan dan pengecekan APAR adalah salah satu langkah preventif antisipasi kebakaran di lapas.

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kondisi APAR apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak sekaligus mengecek volume atau isi APAR serta pengecekan tanggal kadaluarsa APAR. Semua kondisi APAR dan fire block dapat berfungsi dengan baik. Alat tersebut ditempatkan di setiap ruangan yang dianggap perlu adanya alat bantu APAR," ucap Isnawan 

Isnawan menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bagian dari manajemen resiko dalam penanganan sebuah kejadian atau peristiwa seperti kebakaran yang sewaktu waktu dapat terjadi di suatu tempat dengan berbagai macam penyebabnya. 

Oleh sebab itu, lanjut Isnawan,  penting untuk melakukan perawatan dan pengecekan APAR secara berkala dengan tetap memperhatikan masa kadaluarsanya.

"Tujuannya, sebagai langkah untuk mengantisipasi bila sewaktu waktu terjadi kebakaran, alat tersebut kondisinya sudah siap pakai untuk membantu pemadaman kebakaran," pungkas Isnawan.

***

tags: #kebakaran #lapas brebes #apar

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI