Rayakan 3 Tahun Ditetapkan Jadi Geopark Global UNESCO, Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini

Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba karena beragam aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya yang menakjubkan.

Kamis, 31 Agustus 2023 | 09:58 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Hari ini, Kamis (31/8/2023), Google Doodle menampilkan Danau Toba, danau kawah terbesar di dunia yang berada di Sumatera Utara, Indonesia. Hari ini menjadi perayaan ke-3 tahun ditetapkannya Danau Toba menjadi Geopark Global UNESCO.

Ketika membuka Google hari ini, kita akan disambut dengan gambar Danau Toba. Tampak ada gambar perairan berwarna biru dikelilingi pulau berwarna hijau dengan tulisan 'GOOGLE' di bagian langitnya.

BERITA TERKAIT:
Pemilu 2024 Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini 
Google Doodle Hari Ini Aminah Cendrakasih, Siapa Dia? 
Google Doodle Tampilkan Kapal Pinisi Hari Ini, Begini Alasannya
Google Doodle Tampilkan Papeda Hari Ini, Apa Alasannya?
Rayakan 3 Tahun Ditetapkan Jadi Geopark Global UNESCO, Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini

Dilansir dari laman Google, dipilihnya Danau Toba lantaran pada hari ini di tahun 2020, Danau yang memiliki kedalaman 508 meter ini ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO.

"Doodle hari ini merayakan Danau Toba di pulau Sumatra, Indonesia. Ini adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia. Pada hari ini di tahun 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO," demikian tulis Google di laman resminya.

Lebih lanjut, Google menjelaskan bahwa Danau Toba merupakan hasil alami akibat adanya letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba ribuan tahun lalu. 

Letusan besar yang terjadi lebih dari 74.000 tahun lalu itu menyebabkan ruang magma gunung berapi tersebut runtuh, dan akhirnya membentuk pulau yang sekarang dikenal sebagai Samosir. Pulau ini merupakan tujuan wisata terkenal dan rumah bagi beberapa suku etnis Pribumi.

Dalam penjelasannya, Google turut menyinggung masyarakat Adat Batak Toba yang merupakan penghuni asli danau tersebut.

"Desa-desa tradisional mereka yang penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan menarik pengunjung yang penasaran dari berbagai penjuru. Di desa-desa, kita biasa melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu asli," lanjutnya.

Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba karena beragam aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya yang menakjubkan. Mereka yang tidak takut ketinggian mengunjungi Huta Ginjang untuk bermain paralayang.

Sementara mereka yang lebih menyukai air dapat bersantai di pantai atau berkayak melintasi danau. Air terjun Sipiso-piso di dekatnya juga dikatakan sebagai pengalaman luar biasa yang menghilangkan semua kekhawatiran.

***

tags: #google doodle #danau toba #sumatera utara #unesco #gunung berapi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI