Ada Ribuan Tenaga Honorer Pemkab Rembang Tak Tercover BPJS Ketenagakerjaan 

Sampai saat ini, Pemkab belum bisa memberikan fasilitas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan karena ketidakcukupan anggaran.

Jumat, 08 September 2023 | 17:14 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Rembang - Ada ribuan tenaga honorer atau Non ASN di Kabupaten Rembang diketahui belum terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Sebelumnya, jika melihat hasil pendataan pada 2022 lalu, di Kabupaten Rembang terdapat sekitar tiga ribu tenaga Non ASN. Sampai saat ini, Pemkab belum bisa memberikan fasilitas kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan karena ketidakcukupan anggaran.

BERITA TERKAIT:
Baru 32 Persen Pekerja di Rembang Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan 
Pemkot Semarang dan BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Pegawai Non-ASN
BPJS Ketenagakerjaan Rembang Telah Salurkan RP95 Miliar hingga Desember 2023 
Ketua RT dan RW di Bogor Terima BPJS Ketenagakerjaan, Daerah Lain Kapan? 
Ada Ribuan Tenaga Honorer Pemkab Rembang Tak Tercover BPJS Ketenagakerjaan 

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Rembang Teguh Maryadi menyampaikan, hingga kini pihaknya belum memiliki data pasti terkait jumlah tenaga Non ASN yang belum ikut BPJS Ketenagakerjaan.

Meski demikian, pihaknya telah mengundang 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk menyosialisasikan optimalisasi pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan.

Jika melihat data secara umum, kata Teguh, tingkat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Rembang tergolong rendah.

Beberapa sektor usaha seperti pertanian, pertambangan, pengolahan, konstruksi, dan transportasi masih di bawah 50 persen.

"Ini menjadi semangat kami mengoptimalkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Teguh melihat ada beberapa job desk tenaga Non ASN yang memiliki risiko. Seperti pekerja kebersihan yang sering beraktivitas di jalan.

Ia mengaku, sudah berkoordinasi dengan Pemkab terkait kepesertaan jaminan sosial. Hanya saja, untuk saat ini belum ada anggaran untuk mengcover kebutuhan tersebut.

"Kemampuan keuangan daerah belum maksimal," katanya.

Sehingga, pihaknya mendorong agar tenaga Non ASN bisa ikut kepesertaan secara mandiri. 

***

tags: #bpjs ketenagakerjaan #tenaga honorer #non asn #rembang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI