UPGRIS Sebut Tren Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha Semakin Meninggi

Acara seminar tersebut menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi pelaku usaha.

Selasa, 12 September 2023 | 21:35 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - Pekerjaan yang diminati anak muda milenial hingga Gen Z mengalami perubahan signifikan. Pada dua dekade yang lalu, mereka mayoritas tertarik menjadi pegawai negeri dan karyawan. Namun, itu berubah belakangan seiring pesatnya teknologi digital

“Jika kita melihat dari banyaknya mahasiswa yang tertarik pada dunia digital, ini menunjukkan ada perubahan pada jenis pekerjaan yang diminati. Paling banyak menjadi enterprener, terutama di bidang digital, baik itu dengan menjadi konten kreator maupun berwirausaha,” ungkap Rektor UPGRIS Dr Sri Suciati MHum dalam sambutannya pada acara Seminar Kewirausahaan Bersama Praktisi yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Semarang di Gedung Pusat lantai 2, pada 12 September 2023.

BERITA TERKAIT:
Pupika UPGRIS Bentuk Kepribadian Mahasiswa Unggul
Diperlukan Tenaga Ekstra dalam Mencatat Dinamika Musik di Semarang
UPGRIS Raih Peringkat 1 Penelitian dan Pengabdian Tingkat Nasional
UPGRIS Sukses Gelar Petanque Championship Series II
Karya Inovasi Mahsiswa PPG UPGRIS Diharapkan Berguna bagi Masyarakat Indonesia

Suciati kemudian menegaskan perlunya mahasiswa untuk mengambil peluang dalam dunia enterprener berbasis digital.

“Potensi dunia digital begitu besar, segala hal kini bisa dijadikan konten untuk meraup penghasilan tambahan. Bahkan konten berbahasa Jawa dan Inggris juga banyak diminati. Salah satunya karena pengemasannya yang menarik,” ujarnya. 

Kesiapan dalam merespons dunia digital itulah yang harus dikuasai oleh mahasiswa sekarang.

Sementara itu, Dr. Ling. Maria Ulfah, S.Si., M.Pd., Kepala UPT Kemahasiswaan & Alumni sekaligus ketua panitia acara, menyampaikan respons mahasiswa terhadap seminar enterprener tersebut sangat tinggi. 

“Ada 581 peserta yang terbagi ke dalam tujuh fakultas, sekaligus 60 peserta undangan,” terang Maria. 

Menurutnya, seminar ini berperan penting dalam melakukan pendampingan serta penguatan ekosisitem kewirausaahaan di kalangan mahasiswa.

Acara seminar tersebut menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi pelaku usaha. Pertama, Niam Infijarun, M.Pd, konsultan kewirausahaan sekaligus Direktur PT. Kreanusa Raya Kusuma. Pada kesempatan tersebut, Niam akan memberikan pemaparan seputar pentingnya menjamin legalitas usaha bagi pemula. 

Pembicara kedua, Ahmad Alfian, S.I.Kom, pemilih usaha The Bensae, yang akan mengupas seputar praktik dan strategi digital marketing. Pembicara ketiga ialah Dr. Ling. Maria Ulfah, S.Si., M.Pd., yang akan menyoroti potensi “digipreneurship” bagi mahasiswa.

***

tags: #upgris #gen z #wirausaha #digital #mahasiswa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI