Pulang dari Maroko, Bupati Kebumen Langsung Pantau Pilkades Serentak

Arif mengungkapkan ada beberapa desa yang berpotensi rawan terjadinya kericuhan.

Rabu, 13 September 2023 | 05:59 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Kebumen- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meninjau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, pada Selasa (12/9). Sebanyak 49 desa yang tersebar di 22 kecamatan mengadakan Pilkades Serentak tahun ini.

Sejumlah lokasi Pilkades dipantau oleh Arif Sugiyanto seperti di Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor, Desa Kretek Kecamatan Rowokele, Desa Ayah, dan desa Argopeni Kecamatan Ayah, serta Desa Rogodono Kecamatan Buayan. 

BERITA TERKAIT:
Sumarno Gagas Event Trail Run di Gua Jatijajar Kebumen
2.515 Pelari Ramaikan Kebumen Beach Marathon 2023, Sumarno: Jadi Ajang Promosi Pariwisata
Bupati Kebumen Ingin Pendamping PKH Ketahui Kondisi Warga Binaannya
Malam Tahun Baru, Pandan Kuning Park Kebumen Dibuka untuk Umum
Pelayanan Publik Disdukcapil Kebumen Raih Opini Kualitas Tertinggi dari Ombudsman

Arif mengatakan pelaksanaan Pilkades Serentak di Kebumen berlangsung aman dan lancar. Selain itu tampak masyarakat sangat antusias mengikuti pesta demokrasi tingkat desa tersebut. "Alhamdulillah kita bersyukur Pilkades di Kebumen yang diikuti 49 desa berlangsung dengan aman dan lancar, antusias masyarakat sangat tinggi. Rata-rata tiap desa 80 persen masyarakat hadir untuk memberikan suaranya," kata Arif.

Ia menambahkan harusnya saat ini dirinya masih berada di Maroko untuk mengikuti Konferensi Internasional Global Global Network ke-10. Namun, karena Kebumen ada Pilkades Serentak, maka ia harus pulang lebih dulu. "Jadi saya pulang dulu dari Maroko, karena ingin memastikan bahwa Pilkades Serentak ini aman, lancar tidak ada kericuhan," ucapnya.

Arif mengungkapkan ada beberapa desa yang berpotensi rawan terjadinya kericuhan. Tapi ia menandaskan hal itu sudah diantisipasi. Pihak keamanan dari tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP sudah siap siaga mengamankan jalannya Pilkades Serentak di Kebumen. "Kita juga telah memberikan pemahaman bahwa siapapun yang menang, yang kalah harus menerima. Yang menang juga tidak terlalu euforia, karena itu bisa memancing para pendukung yang lain untuk ribut. Harus bisa menghormati, dan lebih bijak," katanya.

Para camat dan seluruh jajaran, diminta Arif untuk turun langsung ikut mengamankan dan menjaga pesta demokrasi di tiap-tiap desa agar berlangsung aman dan lancar. "Perlu pendekatan persuasif kepada masing-masing calon, agar mereka saling menerima apapun hasilnya," ucapnya.

Selain Bupati, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dan jajaran Forkompimda melakukan pantuan sendiri di sejumlah desa yang melaksanakan Pilkades.

***

tags: #kabupaten kebumen #bupati kebumen #arif sugiyanto #pilkades serentak #kericuhan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI