Kepsek Terancam Dicopot karena Kasus Siswi Ditusuk Matanya hingga Buta oleh Kakak Kelas 

"Nanti akan kami buat program wajib untuk seluruh sekolah. Tujuannya pencegahan bullying," tukasnya.

Senin, 18 September 2023 | 10:14 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Gresik - Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik memberi perhatian serius terhadap kasus kakak kelas yang menusuk mata siswi SD dengan colokan bakso hingga mengalami buta permanen. 

Kepala UPT SDN 236 Randupangan, Menganti, Kabupaten Gresik, Umi Latifah bisa terancam dicopot dengan adanya kasus ini. 

BERITA TERKAIT:
Pimpin SMA Negeri I Bulakamba, Imam Bagus Winarto Berupaya Genjot Prestasi Akademik dan Non Akademik
163 Guru di Kabupaten Jepara Dikukuhkan Edy Supriyanta Jadi Kepala Sekolah
Hadapi Bonus Demografi, Nana Sudjana Dorong Kepsek di Jateng Ciptakan SDM Berkualitas
Guna Cegah Korupsi pada PPDB, Pemprov Jateng Gandeng KPK
Kata Kepsek MAN 1 Pamekasan Soal Mutasi Sepihak Guru Gegara Tak Setuju Toilet Berbayar

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Herawan Eka Kusuma menyatakan pihaknya sudah mengkaji kasus ini. 

"Kalau memang ada unsur kelalaian di sana, maka akan menjadikan pertimbangan kita untuk mencopot dia dari jabatannya sebagai kepala sekolah," tegas Herawan, Minggu (17/9/2023).

Untuk itu, lanjut Herawan, pihaknya akan memanggil pihak sekolah besok Senin (18/9). Kasek akan dimintai keterangan seputar kasus tersebut.

"Kemarin sudah ada tim kita yang didampingi oleh pihak Polres dan Polsek. Karena kasus ini sedang ditangani Polres Gresik, kami menyerahkan sepenuhnya ke kepolisian," tambahnya.

Meski demikian, untuk ke depan, belajar dari kejadian di UPT SDN 236 Gresik ini, Dispendik berjanji akan melakukan evaluasi. Terutama terkait bullying agar tak terjadi di sekolah lain.

"Nanti akan kami buat program wajib untuk seluruh sekolah. Tujuannya pencegahan bullying," tukasnya.

Kasus ini menuai perhatian setelah ayah korban Samsul Arif (36 tahun) melaporkan kejadian itu pada pihak berwajib. Peristiwa itu terjadi pada Senin, 7 Agustus 2023  lalu. Berawal dari sekolah SDN tempat putrinya sekolah sedang menggelar perlombaan.

“Saat itu memang semua kelas keluar untuk melakukan lomba Agustusan, semua murid di sana berada di halaman sekolah. Anak saya campur dengan murid kelas lain,” kata Samsul Arif pada Jumat (15/9/2023).

Korban diduga ditarik kelasnya ke sebuah lorong sekolah dan dimintai uang jajan secara paksa.

“Karena tidak mau, wajah anak saya ditutupi tangan kemudian tusuk bakso itu dicolok-colokan dari atas ke bawah di bagian mata kanan anak saya,” tambahnya.

Menurut cerita korban, SAH yang ketakutan akhirnya lari dan membasuh matanya dengan air. Lalu matanya yang berdarah juga diusap pakai seragam.

Ketika pulang korban mengeluh kini tak bisa melihat. Orangtua lntas membawa anak ke Rumah Sakit. 

Samsul menjelaskan, dari hasil pemeriksaan di RSUD Dr Soetomo, ada kerusakan pada syaraf mata kanan putrinya yang membuat tidak bisa melihat.

“Karena mengalami buta permanen, saya gak terima dan saya mendatangi ke sekolah untuk mencari tahu siapa pelakunya. Anak saya nggak tau siapa nama pelakunya, tapi tau wajahnya,” tegas Samsul.

Samsul juga melaporkan kejadian tersebut ke Polres Gresik pada 28 Agsustus 2023 lalu. Hal itu dilakukan setelah pihak sekolah dan Polsek Menganti enggan memberikan rekaman CCTV pada saat kejadian dengan alasan CCTV rusak.
 

***

tags: #kepala sekolah #siswi sd #gresik #menusuk #mata

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI