Humas Polda Jateng Waspadai Munculnya Hoaks dan Black Campaign di Pemilu 2024

Potensi hoaks dan black campaign diprediksi akan bermunculan pada awal 2024.

Rabu, 20 September 2023 | 11:59 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Bidang Humas Polda Jawa Tengah mewaspadai potensi munculnya kabar bohong (hoaks) dan kampanye hitam (black campaign) dalam tahapan Pemilu 2024. Terkait potensi itu, Bidang Humas telah menyiapkan berbagai tindakan. 

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pihaknya kini memulai cooling system, salah satunya FGD. Tujuannya agar masyarakat makin cerdas soal situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. 

BERITA TERKAIT:
Pasca Pemungutan Suara, Polda Jateng Minta Warga Waspada Hoaks
Jelang Pungutan Suara, Menkominfo Ajak Masyarakat Tangkal Hoax
Menkominfo Ajak Warga Nahdiyin Produktif di Ruang Digital dan Cegah Sebar Hoaks
Budi Arie: Dibanding 2019 Konten Hoaks Masa Kampanye Pemilu 2024 Menurun
Mafindo Beberkan Cara Agar Tak Mudah Termakan Kabar Hoaks: Bersikap Skeptis dan Berpikir Kritis

Dalam Pemilu 2024, kata dia, ada dua hal negatif yang perlu diantisipasi yakni hoaks dan Black Campaign. "hoaks dan black campaign harus kita antisipasi bersama," kata Satake saat membuka FGD "Optimalisasi Peran Humas sebagai Cooling System Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas yang Kondusif dalam Pemilu 2024", di Hotel Grasia, Semarang, Rabu (20/9). 

Dua hal ini, kata dia, perlu dicegah agar situasi tidak keruh selama tahapan Pemilu 2024. Menurutnya, dua hal ini sangat berpengaruh. "Kita harus terus edukasi warga. Peran Humas Polri dan media sangat penting," ujarnya. 

Dia menyebut potensi hoaks dan black campaign diprediksi akan bermunculan pada awal 2024 ketika sudah menjelang pemungutan suara. Pihaknya pun tidak tinggal diam terkait potensi hoaks dan black campaign. Pihaknya akan menggencarkan Patroli Cyber. Bila ditemukan dua hal itu dari oknum tak bertanggungjawab, pihaknya siap menindak tegas. 

"Pertama, kepada oknum kita minta hapus konten itu. Bila tidak dilakukan maka kita lakukan penegakkan hukum sesuai UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Lalu bisa juga take down dan counter dengan konten positif," tandas dia. 

Kegiatan FGD ini diikuti Para Kepala Seksie Humas Polres jajaran, awak media dan berbagai kalangan.

***

tags: #hoaks #polda jawa tengah #pemilu 2024 #kabid humas polda jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI