Habiskan Dana Rp500 Juta, Patung Soekarno di Banyuasin Ini Dinilai Tak Mirip

Namun, patung yang masih dalam tahap pembangunan itu telah menuai berbagai komentar

Jumat, 22 September 2023 | 12:57 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banyuasin - Ada banyak Patung Soekarno yang dibangun di setiap sudut Nusantara, salah satunya di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Namun, patung seharga hampir Rp500 juta yang belum selesai dibangun itu sudah dinilai tak mirip dengan sosok asli Presiden pertama RI.

Patung tersebut dibangun di kawasan Bung Karno Sport Center di Jalan Lintas Kecamatan Banyuasin III, Banyuasin, Sumsel. Dana yang digunakan untuk pembangunan Patung Bung Karno ini diperoleh melalui lelang.

BERITA TERKAIT:
Habiskan Dana Rp500 Juta, Patung Soekarno di Banyuasin Ini Dinilai Tak Mirip
Ganjar Tak Hadir Langsung pada Acara Peresmian Patung Soekarno di Polder Tawang, Ada apa?
Patung Soekarno di Polder Tawang Diresmikan, Ini Harapan PT KAI Daop 4 Semarang

Dilansir dari data LPSE, lelang tersebut dimenangkan oleh CV Wedari Elnita Sukses yang beralamat di Komplek Tunas Jaya 2 Nomor 1195 Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Kota Palembang Sumsel. 

Dari pagu anggaran yang digelontorkan PUTR Kabupaten Banyuasin senilai Rp 500 juta, namun dari Harga Pokok Satuan tertera Rp 498.700.000. Data tersebut, ada pula harga penawaran dan harga terkoreksi senilai Rp 493.289.724,82. Di dalam data tersebut, juga ada harga negosiasi senilai Rp 489.009.390.

Namun, patung yang masih dalam tahap pembangunan itu telah menuai berbagai komentar. Banyak warganet yang menilai bahwa patung tersebut tak mirip dengan sosok Ir Soekarno seperti yang tergambar dalam dokumentasi resmi.

Menurut warganet, wajah patung Bung Karno di Banyuasin itu terihat tembam atau gemuk di bagian pipi. Bahkan baju yang dikenakan patung itu juga terlihat besar sehingga tubuh Bung Karno menjadi lebih gemuk.

"untuk 500jt, org awam yg bukan kurator atau apresiator seni juga bakal bilang kalo patung itu ga worth it," komentar akun X @Nisa***.

"Bisa bisanya pipinya tembem," kata akun @chic***.

"Alisnya ketebelan tuh," ungkap akun @ayu***.

"Wkwkwk td abis ngobrol2in ini, udh mah bikinnya luama bgt, hasilnya begitu," tulis akun @agee***.

"Gak mirip ya. Iya terlalu bulet mukanya. Haha bisa aja mirip Kim Jong Un," ujar akun @ndro***.

***

tags: #patung soekarno #bung karno #banyuasin #presiden #lelang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI