Heboh Mie Gacoan di Pamekasan Diruqyah Pria Bergamis, Warganet: Banyak Setannya Kah?

Namun, ada yang yang mengatakan aksi ruqyah itu berkaitan dengan penamaan menu Mie Gacoan dengan sebutan setan dan iblis.

Sabtu, 23 September 2023 | 11:54 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang – Beredar video viral di media sosial di mana sekelompok pria bergamis mendatangi kedai mie pedas ternama, Mie Gacoan yang berada di Pamekasan, Jawa Timur. Mereka disebut-sebut sedang melakukan praktik ruqyah.

Dikutip dari unggahan akun X @kegblgnunfaedh yang bersumber dari akun TikTok @bukanhayatii, tampak sejumlah pria bergamis berpencar di setiap sudut Mie Gacoan. Mereka mengangkat tangan sembari berzikir sambil mengucap "Laailaahaillallaah."

BERITA TERKAIT:
Geger! Pembeli Mie Gacoan Cirebon Temukan Belatung pada Makanannya 
Kata Pihak Manajemen Soal Mie Gacoan di Pamekasan Diruqyah Sekelompok Pria Bergamis
Heboh Mie Gacoan di Pamekasan Diruqyah Pria Bergamis, Warganet: Banyak Setannya Kah?
Kisruh di Mie Gacoan Surabaya, Ketegangan Ojol vs Karyawan 
Simpang-siur Status Kehalalan Mie Gacoan, Begini Penjelasan MUI

Setelah itu mereka mendoakan pengunjung agar selamat dan tetap ingat kepada Allah SWT. Belum diketahui apa motif sekelompok pria bergamis itu meruqyah Mie Gacoan.

Namun, ada yang yang mengatakan aksi ruqyah itu berkaitan dengan penamaan menu Mie Gacoan dengan sebutan setan dan iblis. Meski begitu, nama tersebut kini telah diubah menjadi hompimpa dan gacoan.

Hal ini tentu menuai berbagai reaksi warganet. Ada yang heran dengan aksi sekelompok tersebut, tetapi tak sedikit pula yang justru merespon dengan santai dan candan.

"padahal setan sama iblisnya udah diganti hompimpa sama gacoan," kata akun @magic***.

"Dirukyah karena ajaib makanan yang keluar banyak sedangkan uang yang masuk sedikit, apa ada setan yang ikut makan dan gak bayar," komentar akun @Cak*** dengan emot tertawa.

"Jgn blg krn rame terus dan mereka mikirnya pake penglaris,"  ujar akun @Serb***.

"lagi bayangin Mie Gacoan enak dimakan tiba-tiba joget sendiri karna mie nya kerasukan," tulis akun @risp***.

"Banyak setannya kah sampe di rukiyah?" celetuk akun @shop***.

ruqyah sendiri merupakan sebuah praktik spiritual dalam Islam yang digunakan untuk mengobati gangguan spiritual atau penyakit yang diyakini berasal dari energi negatif atau jin jahat.

ruqyah dapat dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan bantuan dari seorang praktisi ruqyah. Dalam buku Ar-ruqyah Asy-Syar'iyyah: Terapi Gangguan Jin & Penyakit Hati yang ditulis oleh Ustad Arif Rahman dijelaskan bahwa praktik ruqyah pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW selalu melakukan ruqyah untuk dirinya sendiri sebelum tidur dengan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

***

tags: #mie gacoan #ruqyah #viral di media sosial #pamekasan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI