Jokowi Panggil Menteri Bahas TikTok Shop

Menurut Budi Arie, salah satu rencana ke depan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membentuk satuan tugas (satgas).

Senin, 25 September 2023 | 19:27 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri untuk membahas mengenai perdagangan sistem elektronik, Senin (25/9). Salah satu yang menjadi perhatian Jokowi adalah aplikasi TikTok Shop di Indonesia. 

"Ya, soal TikTok," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

BERITA TERKAIT:
Pastikan Kelanjutan Program Bantuan Pangan, Presiden Jokowi akan Terus Pantau APBN
SPAM Semarang Barat Diresmikan Jokowi, Pilot Project Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Perpipaan
Presiden Jokowi Ajak Para Pengusaha Vietnam Berinvestasi di IKN
Presiden Jokowi Resmikan Enam Jembatan di Lintas Utara Jawa Tengah
Jokowi Panggil Menteri Bahas TikTok Shop

Menurut Budi Arie, salah satu rencana ke depan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membentuk satuan tugas (satgas). "Tunggu saja. Belum dirapatkan," tandasnya.

Dalam rapat itu hadir pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, persoalan terkait invasi penjualan daring yang merusak pasar dan industri UMKM Tanah Air menjadi perhatian serius Kepala Negara. Jokowi menyebut TikTok shop dan aplikasi serupa lainnya membuat omzet pelaku UMKM berkurang drastis. 

Selain itu, penjualan barang-barang di toko luring seperti pasar tradisional pun belakangan ini mengalami penurunan. 

"Itu berefek pada UMKM, pada produksi di usaha kecil, usaha mikro dan juga pada pasar. Di beberapa pasar sudah mulai anjlok menurun karena serbuan. Mestinya ini kan dia itu sosial media, bukan ekonomi media," ujar Presiden Jokowi disela-sela kunjungan kerja meninjau jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
 

***

tags: #presiden joko widodo #tiktok #menkominfo #budi arie setiadi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI